Puskesmas Gambut Digegerkan Kemunculan Ular Phyton

Martapura, InfoPublik - Petugas Damkar Banjar berhasil menangkap ular phyton/sanca batik berukuran ±60cm, di UPT Puskesmas Gambut, Sabtu (16/12/2023). 


Sujarwo mengatakan saat hilir mudik belum melihat adanya ular, kemudian setelah melihat ular yang berada di kabel listrik dekat plafon langsung saja saya melapor ke Petugas Damkar. 

"Saat saya melihat ular tersebut langsung saja melapor ke Petugas Damkar, beberapa Pegawai dan masyarakat ada yang bersembunyi dan lari menjauh dari Puskesmas," tuturnya

Kasi Pemadaman, Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar Gusti Yudhi mengatakan, info masuk sekitar pukul 12:18 Wita. 

"Saat itu, infonya ada ular berukuran ± 60cm berada disekitar area kabel listrik dekat plafon," ujar Yudhi.

Dikatakannya, Tim Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan. 

"Kami berhasil menangkap ular sanca batik selesai penanganan pukul 12:31 wita," tutur dia.

Setelah ular berhasil diamankan dan nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya ular. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/REGU4/SAY17) 


Komentar