Ujian Kesetaraan Berbasis Komputer PKBM Alhidayah Persiapkan Generasi Mandiri

Gambut, InfoPublik - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Alhidayah laksanakan Ujian Kesetaraan (UK) berbasis Komputer online di Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Gambut yang dilaksanakan dari 11 - 12 Mei 2023.

 

Menurut Pengelola PKBM Alhidayah Rusmini kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Gambut karena disini tersedianya jaringan internet sehingga lebih memungkinkan untuk melaksanakan.

 

“Kegiatan ujian ini diikuti 68 peserta dengan dua hari pelaksanaan secara bergantian,” ujar Rusmini, di Gambut, Sabtu (13/5/2023).

 

Menurut proktor dan juga tutor PKBM Alhidayah Muhammad Fadli setiap peserta mengikuti 1 kali tes (sesi) mengerjakan soal literasi dan numerasi.

 

“10 Menit Latihan soal, 90 Menit soal Literasi, 90 Menit soal Numerasi danl 15 Menit jeda waktu istirahat antar mata ujian,” terang Fadli.

 

Penilik PAUD dan Keseteraan Hj. Patnawati berharap semua peserta didik bisa lulus semua. Dan setelah lulus ada banyak di antara mereka bisa meningkat kualifikasi pendidikan mereka pada jenjang yang lebih tinggi. Dan tarap kehidupan perekonomian mereka nantinya lebih baik dan diharapkan menjadi generasi mandiri.

 

“Dengan UK Berbasis Komputer ini peserta didik di bawahnya kelas VIII dan XI bisa memahami dan mempersiapkan diri menguasai Informasi Teknologi untuk ujian yang akan datang. Dengan adanya ujian ini peserta didik yang ikut dalam ujian Siti Sundari rencana melamar pekerjaan sebagai tenaga administrasi PT. Andaro di Kalimantan Tengah,” jelas dia.

 

Muhammad Noor dan Pandiansyah, merasa bersyukur bisa mengikuti Ujian Kesetaraan ini.

 

Pandiansyah sudah bekerja di dapur galuh dan Muhammad Noor bekerja di perusahaan mebel desa Guntung Ujung.

 

Hadir dalam kegiatan ujian memantau kegiatan Kepala Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Gambut H. Baderi, Pengawas SD Jumali Panilik PAUD dan Kesetaraan Murniati, Tenaga Lapangan Kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Gambut Norlaila Handayati. Membantu kegiatan Tenaga Teknisi Reza Fahlivi dan Ahmad Syahbani, Ujian Pengawas Alaliyah, Alis Enang Kustati dan Hairudin. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar