Tingkatkan Daya Tarik Wisatawan, Disbudporapar Gelar Pelatihan Tata Kelola Pariwisata

Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar menggelar Pelatihan Tata Kelola Kawasan Pariwisata Tahun 2023, di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin, kecamatan Karang Intan, Kamis (10/8/2023).

Kegiatan pelatihan dibuka Plt Kepala Disbudporapar Banjar Irwan Jaya yang juga merupakan narasumber serta didampingi para Kepala Seksi dan staf di Bidang Destinasi. 

Irwan Jaya menyampaikan bagaimana Tata Kelola Pariwisata yang merupakan koordinasi dan manajemen terpadu meliputi atraksi, event, fasilitas, transportasi, infrastruktur dan sumberdaya keramahan. 

"Peran tata kelola destinasi pariwisata yaitu kepemimpinan dan koordinasi, perencanaan dan penelitian, pengembangan produk, pemasaran dan promosi, kemitraan dan membangun tim," ujar Irwan.

Menurut Irwan tata kelola destinasi yang efektif melibatkan perencanaan pariwisata jangka panjang, memonitor dan mengevaluasi secara berkelanjutan yang akan memberi hasil dari upaya-upaya pariwisata

"Dengan adanya tata kelola destinasi pariwisata dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepariwisataan dan diharapkan dapat membawa perubahan pada wajah destinasi dengan menerapkan dan mengaplikasikannya melalui peran POKDARWIS dan kelompok masyarakat sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan wisatawan," pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar