Warga Terserang DBD, Dinkes Banjar Gerak Cepat Lakukan Fogging

Martapura, InfoPublik - Berdasarkan hasil laporan warga di Desa Cindai Alus adanya warga yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar lakukan cross check ke rumah sakit setempat.

Dibenarkan bahwa memang ada salah satu warga terkena DBD, menyikapi hal tersebut Dinkes Banjar melalui Bidang P2P melakukan tindak lanjut Penyelidikan Epidemilogi (PE) dan segera lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan metode Fogging atau pengasapan di lokasi warga terserang DBD, Selasa (2/5/2023).

Dengan kejadian tersebut Tim Kesehatan Dari Dinkes Banjar dimaksudkan dapat mengambil tindakan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit.

Penyakit DBD atau Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) salah satu penyakit menular yang sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. 

Sering muncul sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) karena penyebarannya yang cepat dan berpotensi menimbulkan kematian. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue yang tergolong Arthropod-Borne virus, genus flavivirus, family flaviviridae. DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes spp, Aedes aegypti, dan Aedes albopictus merupakan vektor utama penyakit DBD.

Untuk itu masyarakat diimbau agar menerapkan 3M+ yaitu Menguras dan Menyikat, Menutup tempat penampungan air, Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas dan mencegah gigitan dan perkembangan nyamuk. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar