Disbudporapar Gelar Technical Meeting Festival Budaya Banjar Tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Persiapan Festival Budaya Banjar terus dilaksanakan, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata melaksanakan technical meeting, Senin (18/7/2022).


Kegiatan ini bagi para peserta lomba Maulid habsyi, rudat pelajar, rudat umum dan sinoman hadrah yang telah mendaftar ke panitia. 


Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti lomba yaitu Sinoman hadrah ada 10 grup, maulid habsi ada 23 grup, rudat umum ada 9 grup dan rudat pelajar ada 8 grup.


Dalam technical meeting teknis perlombaan disampaikan oleh para dewan juri di antaranya cara berpakaian, penggunaan alat musik, harmonisasi gerakan, durasi waktu penampilan dan lain sebagainya. 


Kabid kebudayaan Tisnohadi Harimurti menyampaikan Festival Budaya Banjar yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juli s/d 04 Agustus 2022 merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyambut hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-72.


"Kegiatan ini sebagai upaya pelestarian kebudayaan daerah. Setelah 2 tahun kebelakang kegiatan dilakukan secara virtual karena pandemi covid 19, maka untuk tahun 2022 ini mulai dilaksanakan kembali secara live atau tatap muka,"ujar Tisnohadi.


Dia juga menyampaikan bahwa perlombaan ini memperebutkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar