Stok Blangko KTP-el Tersedia, Disdukcapil Banjar Maksimalkan Pencetakan

Martapura, InfoPublik - Permasalahan stok blanko KTP Elektronik yang sempat sangat terbatas beberapa waktu yang lalu sehingga menyebabkan tersendatnya pencetakan KTP-el warga Kabupaten Banjar sejak Kamis (7/9/2023) telah teratasi.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar kembali mencetak KTP elektronik yang jumlahnya mencapai 3.500 antrian. Bahkan untuk ini, beberapa petugas/operator pelayanan digeser tugasnya untuk melakukan pencetakan KTP-el agar antrian cetak tersebut segera terselesaikan.

 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar Azwar, Senin (11/9/2023) mengatakan pengadaan Blangko KTp-el terpusat di Ditjen Dukcapil kemendagri RI jadi distribusi ke daerah sangat tergantung dari ketersediaan blangko KTP-el di Pusat. Seiring telah tersedianya cukup banyak blangko KTP-el di Ditjen Dukcapil kemendagri RI saat ini maka pemenuhan Stok blanko KTP-el di Kabupaten Banjar juga telah tersedia.

 

“ KTP elektronik yang telah selesai dicetak akan diserahkan kepada masyarakat baik secara langsung (diambil oleh pemohon – Red) maupun dikirim ke alamat pemohon melalui Kantor Pos, tergantung dari pilihan yang diambil oleh pemohon saat mengajukan permohonan percetakan KTP baik melalui pelayanan offline ataupun melalui Aplikasi STAR Banjar(online),” jelasnya.

 

Mengenai jumlah antrian pencetakan KTP-el yang begitu banyak pada aplikasi Star Banjar, Azwar mengatakan bahwa akhir bulan ini semua bisa terselesaikan.

 

Azwar menegaskan bahwa layanan cetak KTP-el sudah berjalan normal untuk itu diimbau kepada warga Kabupaten Banjar yang belum memiliki KTP-el khususnya yang sudah melakukan perekaman atau mengganti KTP-el (dikarenakan rusak/perubahan elemen/hilang) silakan mendatangi seluruh titik layanan Disdukcapil kabupaten Banjar baik secara offline maupun online, dan perlu diingat bahwa layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

 

“Jika ada petugas kami yang meminta imbalan terkait pelayanan yang diberikan maka diharapkan kepada masyarakat agar dapat melaporkan langsung ke kami.” pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdukcapil)


Komentar