Stand Dinkes Banjar Berikan Informasi Kesehatan di Banjar Expo 2023

Martapura, InfoPublik - Masih dalam suasana hari jadi Kabupaten Banjar yang ke 73, Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan Expo Banjar Tahun 2023 bekerjasama dengan seluruh OPD/SKPD Se- Kabupaten Banjar yang menampilkan Inovasi, Edukasi, dan juga beberapa Informasi kepada Masyarakat yang berkunjung ke EXPO Banjar yang bertempat di Alun-alun Ratu Zalecha.

Tak terkecuali Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, yang memberikan beberapa informasi dan pelayanan Kesehatan seperti pada hari Kamis (21/9/2023), Dinkes Banjar menghadirkan para Apoteker yang berasal dari UPTD Puskesmas Martapura 2, Martapura Timur, Karang Intan 2 dan Sambung Makmur, menyampaikan tentang Pelayanan Informasi Obat (PIO) yaitu kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Apoteker untuk memberi informasi secara akurat, tidak biasa dan terkini kepada pengunjung Banjar Expo tahun 2023,

Adapun pemberian informasi obat seperti :

DAGUSIBU

Dagusibu merupakan singkatan dari Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang yang ditujukan agar masyarakat paham mengenai obat.

Dapatkan, sebaiknya kita mendapatkan obat di tempat yang terjamin mutu dan kualitas (obat asli) yaitu dari Apotik dan instalasi farmasi di rumah sakit, Puskesmas, Klinik, toko obat yang resmi

Gunakan, obat merupakan bahan yang digunakan dengan dosis tertentu, penggunaan yang tepat dan dimanfaatkan untuk mendiagnosa, menyembuhkan, mencegah penyakit dan memelihara kesehatan.

Simpan dan buang supaya obat dapat digunakan hingga masa kadaluarsa sebaiknya di simpan dengan petunjuk pemakaian.

Beberapa pengunjung pun antusias mendengarkan penjelasan para apoteker tentang obat-obatan tersebut. Selain itu pelayanan dasar seperti tensi Darah juga di berikan oleh tim Dinas Kesehatan Kepada Masyarakat yang berkunjung di Stand Dinkes, apalagi di situasi cuaca yang cukup ekstrim sekarang ini dengan keadaan panas yang luar biasa, di pagi harinya asap cukup tebal yang mengganggu penglihatan dan pernapasan, tim Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar juga membagikan Masker Secara gratis.

Pelayanan-pelayanan Kesehatan dasar yang di berikan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di EXPO Banjar 2023 ini tentunya mendapat dukungan penuh oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar drg. Yasna menyampaikan dan memberi amanah kepada Jajarannya yang bekerja di Stand Banjar EXPO 2023 agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang berkunjung di stand Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar selain itu pengunjung juga mendapatkan doorprize yang menarik dari Stand Dinkes.

"Sehingga pengunjung merasa gembira serta antusias untuk berkunjung di Stand EXPO Dinkes Banjar. Mereka mendapatkan Informasi, pelayanan Kesehatan juga mendapatkan hadiah yang menarik," tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar