12 Desa Kiram ikuti Sosialisasi Proklim 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menghadiri kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 bertempat di Aula Desa Kiram Karang Intan, Selasa (21/2/2023).

Kepala Desa Kiram Iwar mengatakan Proklim ini merupakan program yang menampilkan apa apa kegiatan yang ada di desa kita.

"Apabila nanti pada saat pendaftaran dan pengisian data ada yang masih kurang memahami Sekdes ulun yang akan membantu dan dibantu dari dinas PRKPLH yang juga merupakan Pembina Proklim Kabupaten, jadi tolong pian yang dari 12 desa seluruhnya bisa dapat mengikuti program ini," ujar dia.

Kasi KSDAPLH Yunida Rosniar mengatakan Program Kampung Iklim ini merupakan Kegiatan yang dilandasi oleh adanya perubahan iklim dan dilakukan dalam rangka pendataan kegiatan – kegiatan yang ada di tingkat tapak, secara sederhana proklim ini sudah kita lakukan namun kita belum mengetahui secara jelas.

Ditambahkannya Kegiatan program kampung lklim ini terbagi atas dua (2) kegiatan, yang pertama kegiatan Adaptasi ialah kegiatan – kegiatan bagaimana kita bertahan hidup dengan kondisi perubahan iklim yang ada, yang kedua kegiatan Mitigasi ialah serangkaian kegiatan dalam rangka upaya untuk mengurangi resiko bencana dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana akibat perubahan iklim.

"Proklim sebagai upaya Pemerintah Pusat dan daerah dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi dan Mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca oleh pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 proklim di tahun 2024," tambah dia.

Hadir pada kegiatan ini UPPB Bangun Sahabat, Sekdes Padang Panjang, Sekdes Jingah Habang Ulu,12 Pembakal/ Perangkat Desa serta staf KSDAPLH(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/MuhibP2KL)


Komentar