Tingkatkan Pemahaman Perubahan Iklim, DPRKPLH Gelar Sosialisasi Proklim

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi ProKlim dan Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Mititasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, di Desa Pasiraman Kecamatan Mataraman, Kamis (31/8/2023)

 

Pelaksanaan Sosialisasi Proklim di awali pembukaan kegiatan sambutan oleh Kepala Desa, yang menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan sosialisasi dari Dinas PRKPLH dan berharap semoga Desa bisa melaksanakan, terkait permasalahan pengelolaan sampah masih banyak masyarakat yang tidak mau membuang ketempat sampah yang sudah disediakan pemerintah desa

 

Kepala Bidang PPKLH Nur Aina menyampaikan dengan adanya kegiatan sosialisasi terkait Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak atau resiko bencana lingkungan akibat perubahan iklim, sebagaimana dituangkan pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 084 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim.

 

Ditambahkannya sosialisasi ProKlim ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi mitigasi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

 

Kegiatan sosialisasi juga menyampaikan terkait penguatan kapasitas masyarakat terhadap pengolahan sampah, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Dewi Direktur Bank Sampah Sekumpul mengenai pemilihan sampah dari rumah dan pengelolaan pengelolaan sampah di desa yang harus di buang di Tempat Pemvuangan Sementara (TPS) yang telah disediakan dan tidak boleh dibakar serta mendorong desa untuk membentuk Bank sampah.

 

Dari PT. Mita Agro Semesta (MAS) dan PT Banjar Bumi Persada (BBP) menyampaikan kegiatan Program kampung iklim bisa bekerjasama dengan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT. MAS dan PT. BBP di Aspek PPM ke 6 yaitu Aspek Lingkungan. Hal ini diharapkan Desa Pasiraman dapat melaksanakan program kampung iklim dimulai dengan upaya mitigasi dampak risiko kerusakan lingkungan, seperti halnya pengolahan sampah organik sehingga Desa Pasiraman mempunyai ekosistem ramah lingkungan.

 

Sosialisasi ProKlim ini hadiri oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Nur Aina, Kepala desa dan aparat, BPD, Ketua TP PKk dan kader PkK, turut berhadir perwakilan swasta PT. MAS) dan PT BBP serta tokoh masyarakat. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar