Disnakertrans Gelar Sosialisasi Persiapan Memasuki Dunia Kerja di SMKN 1 Gambut

Martapura, InfoPublik - Jelang kelulusan siswa sekolah, terkhusus SLTA sederajat yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan memasuki dunia kerja.

Dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Bursa Kerja dan Penyuluhan Bimbingan Jabatan, di SMKN 1 Gambut, Senin (13/3/2023).

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan kiat-kiat untuk memasuki dunia kerja. Masih banyak lulusan yang masih belum mengetahui hal-hal mengenai dunia kerja.

Kepala Sekolah Syarifah Khasanah menyampaikan peserta yang hadir ialah kelas 12 dari berbagai jurusan di SMK. 

"Tahun ini lebih dari 300 siswa yang akan lulus, maka dari itu dengan acara ini siswa yang hendak lulus harapannya sudah dibekali kiat-kiat untuk memasuki dunia kerja," ucap Syarifah.

Sementara kepala Disnakertrans I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan siswa kelas 12 yang telah lulus ingin bekerja harus memiliki ilmu pengetahuan dan keahlian dengan bukti berupa sertifikasi keahlian.

"Agar pada saat dunia kerja sudah siap memiliki daya saing. Harapannya dengan acara ini siswa yang lulus nantinya ingin bekerja sudah bisa mempersiapkan hal apa saja yang diperlukan," jelas Nyoman.

Narasumber dari Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, Hard Frankly Merentak menyampaikan tentang persiapan untuk memasuki dunia kerja dan informasi mengenai PMI.

"Kemampuan yang dibutuhkan ialah hard skill, soft skill dan kemampuan memecahkan masalah. Selain itu, tips untuk memasuki dunia kerja ialah tingkatkan kualitas diri melalui berbagai latihan, perkuat jejaring, berdayakan informasi, dan optimis," papar Hard.

Ia juga menambahkan peluang kerja untuk menjadi PMI banyak sektor kerja yang bisa dimasuki, tetapi harus memiliki keterampilan berupa kemampuan berbahasa dan sertifikat kompetensi. (IP Kab. Banjar/Brigade Disnakertrans/Man)


Komentar