Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila di Kecamatan Mataraman

Mataraman, InfoPublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila di Kecamatan Mataraman, Rabu (28/2/2024).

 

Kegiatan ini dihadiri Camat Mataraman Heryanto beserta Kapolsek Mataraman, Danramil Astambul Mataraman, Pambakal se Kecamatan Mataraman, Perwakilan Aparat Desa se Kecamatan Mataraman serta Tokoh Masyarakat.

 

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Ideologi Negara Kita Yaitu NKRI kepada seluruh peserta, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki ciri khas kebhinekaan ras, suku, budaya dan agama. Sosialisasi ini menjadikan seluruh warga untuk wawasan yang luas dan mengingatkan pemahaman Pancasila dan Kebangsaan kepada masyarakat.

 

Camat Mataraman Heryanto mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, selain menanamkan rasa cinta terhadap tanah air juga senantiasa menjaga rasa persatuan dan kesatuan, kebersamaan guna tercapainya keserasian, keseimbangan dan keselarasan dalam aspek kehidupan.

 

“Untuk meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan, peserta perlu memaknai nilai-nilai yang terkandung dalam empat consensus Dasar Negara, di antaranya Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945, demi memantapkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan,” Jelasnya.

 

Menurutnya ideology Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

 

“Saya harap ada tindakan nyata, agar kebhinekaan ini tetap terjaga, wawasan kebangsaan merupakan upaya agar dapat menanamkan nilai-nilai pancasila serta undang undang dasar 1945 kepada masyarakat,” tandasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)

 


Komentar