DPRKPLH Banjar Ajak Ibu-Ibu di Paramasan Kelola Sampah

Paramasan, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan sosialisasi Pengelolaan Sampah dengan tema Ayo Menabung Sampah ke Bank Sampah yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Paramasan, Senin (13/11/2023).

Hadir pada acara tersebut Camat Paramasan Muhammad Farid beserta semua jajarannya, semua Kader PKK se-kecamatan Paramasan, para Pambakal, Babinkamtibmas Fauzi, Babinsa dan Pegawai Puskesmas Paramasan.

Hadir Tim dari DPRKPLH Sutiyono Kabid Pengelolaan Sampah limbah dan B3, Kasi Kemitraan Pengelolaan Sampah Bentung Wibisono dan stafnya.

Camat Paramasan Muhammad Farid dalam sambutannya menyampaikan kami dari pihak Kecamatan Paramasan mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim dari DPRKPLH Kabupaten Banjar yang jauh jauh datang untuk melaksanakan sosialisasi dalam pengelolaan sampah.

"Mudahan kepada semua yang hadir nantinya akan dapat memberikan edukasi kepada warga terkait bagai mana mengelola sampah yang baik dan tidak membuang sampah sembarangan," imbuhnya.

Sutiyono Kabid Pengelolaan Sampah limbah mengatakan Ibu-ibu PKK adalah ibu rumah tangga yang tahu asal mula datangnya sampah sehingga dengan adanya acara ini dapat mengelola sampah dengan baik, pengurangan sampah bisa melalui pengelolaan Bank sampah dan kami siap memfasilitasi pembentukan Bank Sampah.

" Dampak yang muncul dengan adanya Bank Sampah ada beberapa aspek yaitu, aspek lingkungan, aspek sosial, aspek pendidikan, aspek pemberdayaan dan aspek ekonomi kerakyatan," jelasnya.

Bentung Wibisono Kasi Kemitraan Pengelolaan Sampah sebagai Nara sumber menyampaikan," Sebaiknya sampah sebelum dibuang harus di pilah pilah dulu, yang tidak bermanfaat di buang ke TPS dan yang bermanfaat di jual ke Bank sampah yang dikelola oleh BUMDES.

"Cara penangan sampah yang baik diantaranya adalah dengan cara Pemilahan, Pengumpulan, Pengolahan dan Pemrosesan akhir," tutupnya. (Brigade Paramasan Disransyah).


Komentar