Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Kecamatan Mataraman

Mataraman, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah dengan tema “Ayo Menabung Sampah ke Bank Sampah”, di Aula Kecamatan Mataraman, Rabu (25/10/2023).

Acara ini dihadiri oleh Camat Mataraman Heryanto, Ketua TP.PKK Kecamatan Mataraman Ima Dewi, Camat Astambul, Ketua TP.PKK Kecamatan Astambul, Kapolsek Mataraman, Danramil Astambul-Mataraman, Kepala Korwil Pendidikan Mataraman, Kepala KUA Mataraman, Kepala UPT Puskesmas Mataraman, Pengelola PHBS Puskesmas Mataraman, Pambakal se Kecamatan Mataraman dan Astambul, Ketua TP.PKK Desa se Kecamatan Mataraman dan Astambul,  Ketua Pokja 1,2,3 dan 4 PKK Kecamatan Mataraman, Kader Pokja 3 Desa Kecamatan Mataraman, Kader PKK Kecamatan Mataraman.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam menjaga kebersihan dan juga dalam pengelolaan sampah yang berasal dari lingkungan rumah tangga guna membangun perekonomian melalui bank sampah.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menyampaikan, sosialisasi ini menyasar melalui ketahanan keluarga yaitu pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan TP PKK dan Ia menetapkan para ibu menjadi sasaran karena perannya sebagai ibu rumah tangga dapat memilah sampah tersebut dan bisa membiasakan anaknya sedari mungkin untuk mencintai lingkungan sehingga dapat menambah penghasilan tambahan keluarga.

Nurgita berharap melalui pemerintah daerah baik eksekutif maupun legislatif bisa memberdayakan kembali program-program yang bersentuhan dengan masyarakat terutama terkait fasilitas pengangkut sampah karena wilayah yang cukup luas dan jarak dari Desa ke Desa lainnya cukup jauh sehingga mengharuskan regulasinya bukan hanya mengharapkan dari dana APBD tetapi juga dapat mengupayakan dari dana masing-masing Desa.

Kepala Seksi Kemitraan Pengelolaan Sampah DPRKPLH Kabupaten Banjar H. Bentung Wibisono sebagai narasumber menyampaikan, persoalan sampah sampai saat ini masih menjadi masalah bagi pemerintah dan masyarakat, dikarenakan peningkatan volume sampah tidak sebanding dengan ketersediaan sarana dan prasarana. 

"Seiring bertambahnya penduduk volume sampah akan terus bertambah, sementara terkait sarana dan prasarana Bupati Banjar didalam RPJMD 2021-2026 memprogramkan pembangunan 100 unit TPS di berbagai Kecamatan  yang saat ini sudah mencapai 51 TPS, sementara 49 TPS akan segera dibangun dan nanti dari rekan DPRKPLH yang akan mengedukasi masyarakat, dengan mengumpulkan sampah di UPT terdekat agar kiranya sampah yang dianggap tidak bermanfaat bisa dimanfaatkan kembali," jelasnya.

Ketua TP.PKK Kecamatan Mataraman Ima Dewi menyampaikan pentingnya kegiatan seperti ini sehingga masyarakat yang kurang sadar dan paham dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungannya jadi tahu bagaimana pentingnya dalam menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar karena kebersihan lingkungan dan sampah menjadi salah satu faktor dari kesehatan masyarakat.

"Semoga dengan kegiatan ini permasalahan umum terkait pengelolaan sampah yaitu bahaya dari tidak terkelolanya sampah dapat diketahui masyarakat sehingga untuk kedepannya lingkungan kita menjadi bersih, asri dan sehat," harapnya.

Camat Mataraman Heryanto mengatakan sesuai sosialisasi yang disampaikan, agar tiap kecamatan ada tempat pengelolaan sampah terpadu, maka dirinya mengaku siap mendukung dan bersama masyarakat dapat menerapkan sesuai tema "Ayo Menabung Sampah ke Bank Sampah".

"Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta berharap pambakal agar bisa juga mendukung program tersebut sehingga pembangunan TPS bisa cepat tercapai," tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar