Manfaatkan Daerah Aliran Sungai, Pengelolaan dan Pengendalian Disosialisasikan

Mataraman, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Pengelolaan Lahan Kritis dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Martapura yang bertempat di Aula Kecamatan Mataraman, Selasa (7/11/2023) pagi.


Penggunaan lahan yang melebihi daya dukung lahan serta penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan kesesuaian lahan tentunya akan menimbulkan degradasi lingkungan. hal ini terjadi di berbagai tempat tidak terkecuali di DAS yang dapat mengakibatkan konversi lahan dari hutan menjadi bukan hutan, konversi lahan ini mengakibatkan lahan kritis di bagian hulu DAS terutama yang disebabkan oleh erosi.


Camat Mataraman Heryanto mengatakan dengan kegiatan ini kita bisa saling mengenal satu sama lain dalam rangka menjalin silaturahmi karena barang siapa yang menjalin silaturahmi akan dipanjangkan umurnya dan dilancarkan rezekinya.


"Rusaknya lingkungan kita diakibatkan beberapa faktor yaitu dari pertambangan dan pola kehidupan masyarakat yang dengan membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan banjir, ini menjadi perhatian kita bersama apalagi pada waktu kemarau sungai menjadi sangat kering,” ujar Heryanto.


Heryanto berharap acara berjalan dengan lancar dan apa yang disampaikan dapat dipahami oleh semuanya dan ini menjadi langkah kita mendapatkan amal jariah, dengan mengikuti acara ini selain mendapatkan informasi dan ilmu diharapkan dapat disampaikan ke warga masyarakat terutama dalam menjaga lingkungan di wilayah masing-masing.


Sementara Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DPRKPLH Kabupaten Banjar Nur Aina mengatakan Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan potensi wilayahnya yang belum disesuaikan dengan kondisi dan tata lahan yang benar, sehingga aspirasi dan peran serta langsung dari masyarakat dapat tertampung dan menghasilkan rumusan sebagai landasan dalam pengelolaan sumber daya alam secara benar.


Adapun Narasumber Pengendali Ekosistem Hutan dari Balai Pengelolaan Aliran Sungai Barito (BPDAS Barito) Aldha Alfian Noer Dwi dan Dosen Fakultas Kehutanan ULM Yusanto Nugroho. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar