Disdik Banjar Sosialisasikan Asesmen Nasional Berbasis Komputer tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melaksanakan sosialisasi Persiapan ANBK Bagi sekolah Dasar yang diikuti Seluruh Kepala Satuan dan Operator Sekolah Dasar tahun 2022 di Aula KH. Kasyful Anwar, Senin (12/9/2022).


Sejak diluncurkannya Raport Pendidikan pada episode MERDEKA BELAJAR episode 19 tentang raport pendidikan. sejak tahun 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia telah menyelenggarakan Asesmen Nasional (AN) sebagai evaluasi sistem dengan fokus pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter serta penilaian kondisi lingkungan belajar yang mendukung proses mendukung pembelajaran yang efektif. 


Kini Kemendikbudristek menghadirkan platform rapor pendidikan yang berisi laporan hasil Esesmen Nasional dan analisa data lintas sektor untuk masing-masing satuan pendidikan dan daerah. 


Rapor Pendidikan mengintegrasikan berbagai data pendidikan untuk membantu satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan mengidentifikasi capaian dan akar masalah, melakukan refleksi, serta merancang langkah - langkah pembenahan yang efektif berbasis data. 


Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj Nane Andriadne Mengatakan, Kita sangat berharap agar sekolah dapat mempersiapkan diri dalam menyongsong Kurikulum Merdeka, yang serentak secara Nasional yang akan diberlakukan pada tahun 2024.


"Oleh karena itu segera satuan pendidikan  membentuk komunitas belajar (Kombel) dengan susunan pelaksanaan kombel, Progam programnya, seperti mempelajari IKM, mendalami PPM didalamnya ada rapor pendidikan ada kegiatan belajar guru sampai pada aksi nyata," ucap dia.


Lebih lanjut, Nane menjelaskan sekarang telah hadir profil satuan pendidikan, untuk segera diunduh agar satuan pendidikan terbaca bahwa sudah download rapor pendidikan. yang mana rapor pendidikan dapat dijadikan sebagai Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.


"Satu satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional. Sumber data yang Objektif dan andal dimana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi instrumen pengukuran untuk evaluasi untuk internal maupun eksternal alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (Output)," ungkap dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar