Solusi Penyaluran Air Bersih, Desa Tanah Abang Bangun Kolam Penampungan

Mataraman, InfoPublik - Dampak kekeringan di beberapa desa di Kabupaten Banjar membuat sebagian warga kesulitan mendapatkan air bersih, namun berbeda halnya dengan desa Tanah Abang kecamatan Mataraman yang mempunyai solusi di tengah bencana kekeringan tersebut.

 

Demikian hal ini diungkapkan Pambakal Tanah Abang Muhammad Alimuddin, Selasa (19/9/2023) yang mana pihaknya bersama warga membangun penampungan Bak/Kolam air bersih.

 

“Dalam penyusunan APBDes tahun anggaran 2023. Kolam air Bersih menjadi prioritas dalam Pembangunan Desa untuk memenuhi kebutuhan Air Bersih warga Desa Tanah Abang,” ujarnya.

 

Menurut Alimuddin, dalam pembangunan kolam air bersih ini dirancang dengan Volume 2m X 2m ini yang akan menampung kurang lebih 6.000 Liter untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat dan bisa digunakan sejak 23 Agustus 2023.

 

Sementara, Samit Ariyadi selaku Kepala Lingkungan I menjelaskan pada dasarnya air yang sudah ditampung ini dikelola sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk keperluan mandi, cuci baju, atau air baku minum oleh kebanyakan masyarakat Desa Tanah Abang. Air dialirkan dari Sumur Bor menuju tempat penampungan melalui Pipa Induk dan dialirkan ke rumah-rumah Warga.

 

“Penampungan Air Bersih milik desa sebelumnya kapasitas penampungannya belum memadai kebutuhan masyarakat. Dengan Pembangunan Bak Penampungan Air Bersih ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga Desa Tanah Abang,” pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar