Genangan Air di RTH Kompas, DPRKPLH Respon Cepat Koordinasi Dengan PTAM Intan Banjar

Martapura, InfoPublik - Mendapatkan informasi melalui Group WhatsApp, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima laporan dan kiriman photo dan video adanya kebocoran instalasi air yang berada di RTH Kompas Manis, Kamis (9/3/2023).

Berdasarkan informasi gambar yang disampaikan kepada staf seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup tersebut tampak siswa dan siswi SDN Jawa 2 bermain dalam genangan air dari PDAM

Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) Khususnya seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) yang menangani Ruang Terbuka Hijau Yunida Rosniar langsung menginstruksikan bawahannya.

"laporkan ke PTAM dan minta perbaikan," ujar Yunida.

Tim bergerak langsung ke lapangan untuk memeriksa apa yang menjadi penyebab terjadinya genangan air tersebut, ternyata setelah diteliti ada jaringan pipa yang rusak.

"Ini jaringan pipa di tamannya bu, tanggung jawab kita, karena keluarnya air sesudah kilometer," lapor staf melalui aplikasi WhatsApp.

Menurut Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 2016 pada pasal (5) disebutkan tujuan pengelolaan RTH adalah untuk penghijauan guna menjaga kelestarian lingkungan hidup, mencegah pencemaran udara, mencegah perusakan lingkungan, dan meningkatkan optimalisasi pemanfaatan RTH serta psda Pasal (35) disebutkan Peran serta masyarakat diwujudkan dengan turut memelihara RTH publik dan melakukan penghijauan di lingkungannya.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar