Sinergi dalam Strategi Pengembangan Bumdes di Kecamatan Gambut

Gambut, InfoPublik - Kecamatan Gambut laksanakan Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan Bumdes Tahun 2023 dengan Agenda Strategi Pengembangan Badan Usaha Desa (Bumdes) dan Badan Usaha Milik Bersama (Bumdesma) di Aula Kantor Kecamatan Gambut, Selasa (23/5/2023).

Sekretaris Camat Gambut H. Zakaria mengharapkan agar Bumdes  sudah ada penyertaan modal dari Dana Desa supaya dapat melakukan perbaikan manajemen kelembagaan dan mencari peluang usaha sesuai potensi desa masing-masing.

Narasumber dari Staf Ahli P3MD Kabupaten Banjar Rindang Restiadi menyampaikan strategi Bumdes dalam menggerakkan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan adalah 1. Meningkatkan partisipasi masyarakat, 2. Menguatkan kemampuan pengelolaan, dan 3. Perbaikan pada tata kelola Bumdes.

"Semoga desa mempunyai produk unggulan dan bisa melibatkan masyarakatnya dan Bumdes bisa menyumbangkan Pendapatan Asli Desa," harap dia.

Pendamping Desa Kecamatan Gambut Iswara Wahyuni menambahkan bagi Bumdes yang pengurusan berakhir masa kepengurusan agar segera melakukan musyawarah desa untuk melakukan pemilihan pengelola Bumdes. 

Ditambahkan Iswara jika memungkinkan di Kecamatan Gambut dapat membentuk Badan Usaha Milik Bersama yang merupakan gabungan dari beberapa  Bumdes.

Menurut tuan guru Natsir sekaligus Ketua BPD Desa Malintang Baru, "Merupakan PR setelah mengikuti kegiatan ini bahwa masing masing Bumdes melakukan perbaikan  pengelolaan Bumdes supaya dapat bekerja sama dengan pihak ke 3.

Hadir pada acara ini Pendamping Desa Muhammad Najman, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Riva Fariah, Pendamping Lokal Desa A. Zakie. Sebagai peserta Pambakal, Sekretaris Desa, Ketua BPD dan Pengurus Bumdes. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar