Seleksi Paskibraka Kabupaten Banjar Dimulai Hari Ini

Martapura, InfoPublik - Kepala Badan Bakesbangpol Safrin Noor, membuka kegiatan Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banjar Tahun 2023, di Aula Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Kamis (16/3/2023).

 

Kepala Badan Safrin Noor mengungkapkan, sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tentang program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) saat ini dilimpahkan kepada badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan umum dibidang pembinaan ideologi Pancasila.

 

Dijelaskan Safrin, Rekrutmen calon Paskibraka tahun 2023 jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dengan menggunakan system aplikasi secara online. Hal ini untuk menjamin transparasi proses seleksi dari tahap awal sampai tahap akhir. Kalau selama ini ada image diluar proses seleksi, tidak fair maka kami menjawab dengan tegas, bahwa sekarang ini kami menjamin proses seleksi jujur, terbuka, dan transparan.

 

“Jadi adik-adik peserta seleksi jangan khawatir tentang proses seleksi yang kami laksanakan, insyaallah kami melaksanakan secara transparan untuk menjadikan capaska yang kompeten dan berkualitas,” ujar Safrin.

 

Ia juga mengucapkan selamat pada para siswa-siswi yang terpilih untuk menjadi peserta seleksi calon (PASKIBRAKA) tingkat kabupaten Banjar, semoga Ananda sukses mengikuti seleksi PASKIBRAKA dengan baik dan menjadi utusanKabupaten Banjar untuk ke tingkat Nasional”, Ucap  Kaban

 

“Paskibraka ini menjadi daya tarik, apalagi bisa diterima jadi anggota Paskibraka ini juga suatu kebanggaan untuk pribadi masing-masing siswa, kebanggan sekolah, dan tentunya kebanggaan untuk orang tua,” ungkap Kaban.

 

Memaksimalkan kesempatan dengan mempersiapkan mental, fisik, dan ilmu pengetahuan untuk mengikuti pelaksanaan seleksi yang tidak hanya digunakan untuk tingkat kabupaten, Kaban mengatakan, seleksi tersebut juga akan digunakan untuk tingkat provinsi dan nasional.

 

Ditambahkan Rusydah Kabid Ideologi dan wawasan kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama menjelaskan, proses seleksi yang akan ditempuh oleh calon anggota Paskibraka akan dimulai dari tahap seleksi parade, meliputi tes fisik calon anggota Paskibraka, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, tes kesemaptaan, tes peraturan baris-berbaris, dan tes kepribadian, dengan melibatkan berbagai unsur terkait dilaksanakan secara transparan.

 

“Yang paling penting, seleksi ini dilaksanakan dengan asas transparansi, semua orang berhak untuk mendaftar dan dilaksanakan dengan sistem yang sangat terbuka,” tutup Rusydah.

 

Adapun Tim pelatih dari unsur TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, Purna Paskibraka, praktisi pendidikan, dan seluruh peserta anggota calon Paskibraka dari berbagai sekolah di Kabupaten Banjar Kelas X SLTA sederajat yang hadir, sekaligus mengikuti kegiatan tersebut. (IP Kab. Banjar/Brigade/yati/BAkesbangpol)


Komentar