Tepat Hari Raya Kedua, DPKP Banjar Amankan Ular di Dua Lokasi

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar mengamankan dua ekor ular dua tempat berbeda yaitu Gambut Barat dan Pasayangan Martapura, Kamis (11/4/2024).


Adapun penemuan ular phyton pertama berlokasi di di Jalan Ahmad Yani KM.14 RT.10 RW.03 Kelurahan Gambut Barat, Kecamatan Gambut. 

Ular berukuran ± 1,5meter tersebut ditemukan di rumah warga atas nama Khairudin

Khairudin menerangkan saat itu sedang santai bersama keluarga namun ada mendengar suara gaduh di plafon rumah, dikira itu tikus saja namun saat melihat ekor ternyata ular. 

Sedangkan Guzali Settar mengatakan saat itu ingin sedang ingin ke dapur mengambil kopi didapatilah ular tersebut berada di dapur rumahnya, kemudian setelah melihat ulat langsung melapor petugas DPKP Banjar.

Kabid Pemadaman Penyelamatan Evakuasi dan Sapras M. Kasyaf R membenarkan ada dua laporan masuk terkait adanya ular masuk ke dalam rumah warga.

"Betul ada dua laporan pertama di Gambut Barat ular phyton dan kedua di Pesayangan ular cobra, kami menerjunkan petugas ke lokasi melakukan penangkapan ular tersebut," ujar Kasyaf.

Lanjutnya, berbekal alat dan kemampuan petugas berhasil mengamankan dua ular tersebut dan nantinya kita simpan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan ke kawasan yang jauh dari penduduk.

"Selain itu kita jua mengedukasi masyarakat sekitar bagaimana menangani hewan liar dan pencegahan hewan masuk ke dalam rumah," tutupnya. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/SAY17) 


Komentar