Ditakutkan Merambat, Sarang Tawon di Jalan Pintu Air Dibasmi

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar mengevakuasi sarang tawon di plafon tandon warga di Jalan Pintu Air Ujung Komplek Griya Anggrek Merah 7, Kamis (11/5/2023).

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Evaluasi Gusti Yudhi membenarkan adanya laporan warga adanya sarang tawon di atas rumah.

" Tim bergerak menuju lokasi, didapati sarang tawon berjenis vespa affinis di plafon tandon," ujar Yudhi.

Tindakan yang diambil dijelaskan Yudhi disemprot dengan bahan bakar minyak jenis pertalite, mengakibatkan aroma yang menyengat dan dengan Indra penciuman tawon yang kuat maka membuat tawon terusik dan keluar dari sarang.

Ia menambahkan, setelah tawon sudah aman dan tidak ada lagi, maka kita melakukan penghancuran sarang tawon.

"Memastikan kondisi sarang benar benar hancur supaya tawon tidak kembali lagi, kemudian petugas memastikan sampai situasi benar benar aman,"jelas dia.

Pemilik kos Syarwani sangat berterimakasih kepada DPKP Kabupaten Banjar sudah membantu untuk menghancurkan sarang tawon.

“Kita takut kalau nantinya tawon itu selain berkeliaran area rumah terus merambat ke tetangga lainnya dan menyengat,"ungkap dia. (IP Kab. Banjar/Brigade/DPKP/REGU2)


Komentar