Rapat Persiapan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ dan WTN

Martapura, InfoPublik - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan rapat kesiapan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dan Wahana Tata Nugraha Tahun 2023 bertempat di Auditorium Hotel Rodhita Banjarmasin, Senin (22/5/2023).

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas bertujuan meningkatkan kesadaran pelajar dalam rangka menumbuhkan karakter budaya keselamatan lau lintas angkutan jalan, menanamkan dan membangun kesadaran berprilaku tertib berlalu lintas, menyebarkan dan memberikan penghargaan kepada pelajar.

Dijelaskan Rudi selaku Kasi MRLL Dishub Kalsel Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas tahun 2023 dengan safety transport for indonesia future seleksi daerah akan dilaksanakan pada bulan juni hingga Agustus.

"Wahana Tata Nugraha (WTN) adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik," ujar Rudi.

Ade Supriadi dari BPTD Kalsel selaku Narasumber persiapan WTN Tahun 2023 menyampaikan bahwa besar harapan agar seluruh kab/kota mengikuti Wahana Tata Nugraha, untuk persiapan seleksi sama sama akan dipersiapkan dan akan dilakukan pendampingan bersama dengan BPTD Kalsel.

Sementara, Fachrurrozi selaku penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana dari Dishub Kabupaten Banjar menyampaikan bahwa setiap pemilihan Pelajar Pelopor selalu siap buat mengirimkan pelajar pelopor dari Kabupaten untuk bersaing di tingkat Provinsi Kalsel dan menjadi salah satu juara untuk di kirim ke tingkat nasional.

Dikatakannya, Kabupaten Banjar sebelumnya telah mendapatkan Piala WTN empat kali berturut-turut kategori Kota Sedang, yaitu dari Tahun 2014, 2015 dan 2016 dan 2018/2019, namun karena pandemi covid-19 sehingga adanya penundaan pelaksanaan WTN hingga tahun 2023.

"Dalam penilaian WTN kedepannya apakah sektor LLAJ yang menjadi penilaian atau sektor LASDP juga bisa menjadi tempat penilaian yang baru dalam penilaian WTN," ucap Fachrurrozi.

Hal tersebut disampaikan, mengingat wilayah Kalimantan Selatan yang memiliki banyak sungai, bisa menjadi nilai tambah bagi Kabupaten/Kota dalam penilaian WTN yang Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangannya masih beroperasi daM tertata dengan baik.

Disampaikan juga oleh seluruh perwakilan Dishub Kab/Kota se Kalsel bahwa mereka akan mengusahakan keikutsertaan daerah dalam Wahana Tata Nugraha, daerah yang sudah mengkonfirmasi ikut yaitu Banjar, Banjarmasin, Banjarbaru, Tanjung, Tanah Laut, HSS, dan HSU. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Helda-Ozi)


Komentar