Rakor Puskesos Pusat Kesejahteraan Sosial di Kecamatan Martapura Timur

Martapura Timur, InfoPublik - Dalam rangka menekan angka kemiskinan dengan memberikan pelayanan prima, Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi Puskesos Pusat Kesejahteraan Sosial di Kecamatan Martapura Timur, Kamis (31/3/2022).

Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten banjar Sri Armella Suryani Seksi data dan Informasi Sosial pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Beserta staf dihadiri Camat Martapura Timur Selaku Kepala Wilayah dan Noor Heryanto selaku Kasi Kesos Martapura Timur.

Camat Martapura Timur Guslan menyampaikan terkait Penginputan masyarakat melalui Aplikasi SIK-NG setiap Desa yang mendata warganya kemudian diverifikasi yang selanjutnya memenuhi persyaratan untuk menerima bantuan akan di input melalui Aplikasi tersebut, untuk itu pendataan yang dilakukan oleh petugas setiap Desa agar lebih teliti supaya tepat sasaran.

Kasi Kesos Martapura Timur Noor Heryanto mengatakan pentingnya memperkuat koordinasi penyelenggaraan Puskesos antara Desa, Kecamatan dan Kabupaten agar pendataan tidak terjadi masalah, data penerima manfaat betul betul akurat dan memahami betul dengan kreteria orang miskin yang telah ditentukan.

Seksi data dan Informasi Sosial Sri Armella Suryani menjelaskan ketepatan sasaran pada program-program tersebut menjadi hal yang sangat penting dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

"Sehingga perlu didukung dengan data yang akurat, terus diperbarui setiap saat, dan terintegrasi atau data terpadu harus aktif memutakhirkan dan memadankan data terpadu untuk penanganan fakir miskin dan perlindungan sosial sesuai amanat Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Kementerian Sosial dimandatkan untuk melakukan verifikasi dan validasi (verivali),"jelas dia.

Amar sebagai narasuber memberikan wejangan-wejangan tata cara untuk memverifikasi dan validasi data by Name By Address, yang ada di SIKS-NG menjadi acuan pelaksanaan program penanganan fakir miskin dan perlindungan sosial yang secara bertahap akan diintegrasikan secara luas. (IP Kab. Banjar/Brigade Martim)


Komentar