PSC 119 Dinkes Banjar lakukan Pengamanan Kesehatan di Banjar Bersalawat

Martapura, InfoPublik - Antusias masyarakat menghadiri kegiatan Banjar Bersalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Alun Aluh Ratu Zalecha Martapura, Jumat (25/8/2023) malam sangat luar biasa.

Menyikapi antuasias ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar menurunkan petugas kesehatan melalui UPTD PCS 119 Kabupaten Banjar.

Petugas PSC dibagi di areal jemaah untuk melakukan pelayanan kesehatan dan pengamanan kesehatan. 

Menurut petugas di lapangan pasien yang ditangani selama acara 18 orang, 16 orang berhasil ditangani hingga stabil kembali, sementara 2 orang dirujuk ke RS Pelita Insani dan RS Idaman Banjarbaru, karena kondisi tidak memungkinkan.

"Rata rata keluhan warga Asma diakibatkan juga kondisi lapangan berdebu serta penuhnya jemaah hingga berdesakan dan selebihnya gangguan lambung, karena banyaknya jemaah datang jauh dan belum sempat makan kondisi juga dalam kelelahan," terangnya.

Ditambahkannya, bebarapa pasien yang di tangani, ada yang berdomisili di Pelaihari Tanah Laut, Rantau dan Banjarbaru. Selebihnya kebanyakan pasien yang ditangani berasal dari Martapura dan sekitarnya seperti Sungkai, Sungai Rangas dan Karang Intan.

Untuk penanganan yang dilakukan di tempat (Ambulan PSC ) maupun di markas, memberikan perawatan kebutuhan oksigenasi untuk pemulihan kondisi pasien dan memberikan terapi obat-obatan oral sesuai keluhan yg dialami pasien, setelah pasien stabil dibawa pulang keluarga masing-masing, kecuali yang tidak bisa stabil di markas, maka di rujuk ke RS terdekat.

Berikut info beberapa nama pasien yang di tangani, Mia ramadhani,17 tahun, pasar papan, keluhan nya adalah nyeri ulu hati bertambah setelah observasi 30 menit, muntah 3x, sesak, therapy : antacid dan di rujuk dirujuk ke RS Pelita Insani. Rabiatul Adawiyah, 20 tahun, Jl Swadaya Tanah Laut, Nyeri Ulu hati , Pusing, Riwayat penyakit Gastritis Akut (masih dalam pengobatan di RS Idaman), therapy : Antasid. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar