PKBM Batu Sawar Gelar Lomba Meriahkan HUT ke-78 RI di Balai Desa Lokgabang

Martapura, InfoPublik - Pusat Pelatihan Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM ) menggelar lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang tahun Ke - 78 Republik Indonesia, di Balai Desa Lokgabang Kecamatan Astambul, Sabtu (19/8/2023).

Dalam rangka memeriahkan HUT RI, PKBM Batu Sawar Kecamatan Astambul menyelenggarakan beberapa jenis lomba bagi peserta didik putera dan puteri Paket A setara SD, paket B setara SMP dan Paket C setara SMA serta para alumni lulusan pendidikan kesetaraan PKBM Batu Sawar dengan tujuan meningkatkan rasa cinta tanah air, menjaga persatuan, memupuk silaturrahmi, dan menjaga kekompakan dan meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewarganegaraan. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Kasi Pendidikan Non Formal Hamdan Katsiro menyampaikan, rasa bahagia dan bangga kepada warga belajar yang dengan segala keterbatasan terutama waktu tetapi dengan semangat dan kerja sama sehingga bisa bersama sama memeriahkan HUT ke-78 RI ini. 

"Apalagi di PKBM Batu Sawar ini hampir semua warga belajar memiliki motivasi belajar yaitu untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi (Kuliah)," ujarnya.

Menurutnya, alangkah senangnya jika harapan yang ditanamkan sejak belajar di PKBM terwujud, dan hal ini pun banyak dirasakan dari kalangan Alumni paket C. Tak sedikit Alumni yang merasakan kehidupan yang lebih baik setelah lulus dari Paket C. Dengan modal ijazah yang dikeluarkan Kemendikbud dalam mencari pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. 

"Dengan adanya kegiatan ini tentu dapat menyadarkan masyarakat khususnya generasi penerus bangsa agar lebih sadar bagaimana perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan sehingga lebih mencintai tanah air dan pahlawan-pahlawan yang telah gugur di medan perang," ungkapnya.

Adapun beberapa cabang lomba yang dipertanggungkan yaitu estafet sarung, kelereng, karung, tarik tambang, permainan gerak dan lagu dan lomba injak balon. 

Turut hadir Kepala Desa Lokgabang, Bunda PAUD Desa Lokgabang, Kepala Koorwil Pendidikan Kecamatan Astambul, Kasi Pendidikan Non Formal dan ditutup dengan doorprize yang menarik. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar