PKBM Alhidayah Gambut Turut serta Festival Lokal Belajar.id

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar laksanakan Festival Lokal Belajar.id di Aula Pertemuan K.H. Kasyful Anwar Dinas Pendidikan Jl. Sekumpul Ujung Desa Bincau, Jumat (22/9/2023).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny. Dalam sambutan menyampaikan harapan agar meningkat aksi nyata dan meningkatkan penggunaan cromebook Kabupaten Banjar.

Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar menghadirkan Narasumber Rafi'ah Radhiyati Jabatan Guru SMPN 5 Martapura dan Reski Hari Saputri Jabatan Guru SDN Muara Halayung.

Rafi'ah Radhiyati berharap semua peserta punya kontribusi walaupun kecil. Festival Pembuatan Portofolio Sekolah dengan Google Sites di Festival Lokal belajar.Id.

Peserta sebanyak 92 orang dari SDN 62 orang, SMPN 23 orang, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) 1 orang, TK 2 orang, PAUD 1 orang dan dari Kelompok Bermain 3 orang.

Sedang dari Kecamatan Gambut hadir, 4 dari SDN, 2 orang dari SMPN, 1 dari PKBM dan 1 orang dari Kelompok Bermain (KB).

Cromebook lebih cepat, aman karena bebas virus, canggih karena bisa melakukan tes secara massal dan dapat melakukan penilaian, presentasi bahan ajar.

Para peserta merupakan guru yang mewakili sekolah masing-masing tampak sibuk mempersiapkan hasil karyanya.

Festival Lokal belajar.id ini merupakan suatu penyesuaian cara mengajar di zaman modern seiring dengan pemanfaatan teknologi digital yang mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan waktu. 

Acara ini sangat baik dilakukan dalam rangka memberikan motivasi kepada seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Banjar untuk mencapai digitalisasi pendidikan. Jika tidak beradaptasi dengan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman, maka kita akan semakin tertinggal.

Pada kesempatan hari ini Kabupaten Banjar sudah menyampaikan Praktek Baik Cromebook sebanyak 93 melebihi Banjarbaru yang menyampaikan 75 di cromebook. Dengan demikian Kabupaten Banjar menjadi yang terbanyak di Provinsi Kalimantan Selatan.

Semua peserta merasa senang bisa memperoleh materi yang baik dan bisa berkontribusi demi kemajuan Kabupaten Banjar.

Hairudin satu-satu dari PKBM senang dapat turut serta dalam kegiatan ini. Semoga bisa memberi kemajuan bagi PKBM Alhidayah. Dalam acara juga hadir dari BPMP Provinsi Kalimantan Selatan Rini Widiastuti (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar