Peringati Hari Jadi ke-73, Bupati Banjar Serahkan Hadiah Lomba Inovasi Daerah

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke-73 Tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Banjar, Senin (14/8/2023).

Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Banjar H. Saidi Mansyur. Kegiatan upacara dihadiri Wabub Habib Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, Forkopimda, anggota DPRD, sejumlah undangan beserta peserta apel dengan memakai pakaian adat Banjar.

Dalam amanatnya Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian penting yang telah diraih dimasa kepemimpinannya. Dengan kerja keras dan tekad bulat untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri dan Agamis (MANIS).

Bupati Banjar menerangkan, bahwa dalam bidang infrastruktur Pemerintah Kabupaten Banjar telah berhasil merampungkan sejumlah pembangunan jalan yang telah lama dinantikan masyarakat. Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022 masuk dalam kategori tinggi di angka 70,14 dan mengalami peningkatan tiap tahunnya.

”Peningkatan di Kabupaten Banjar tidak hanya dalam soal infrastruktur, sektor ekonomi pun mengalami pertumbuhan yang signifikan, program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal seperti pelatihan kewirausahaan dan akses modal usaha telah mampu meningkatkan taraf hidup dan kemandirian ekonomi warga,” ujar Saidi.

Sektor pertanian dan pariwisata lanjutnya, juga tidak luput dari perhatian. Dengan langkah-langkah strategis guna meningkatkan produksi pertanian dan mempromosikan potensi pariwisata luar biasa di Kabupaten Banjar, melalui festival budaya lokal dan even-even ekonomi kreatif yang bisa diangkat sebagai produk unggulan menjadi kebanggaan daerah.

“Kolaborasi erat dengan berbagai pihak termasuk pemerintahan pusat, provinsi maupun sektor swasta dan berbagai lembaga swadaya masyarakat telah menjadi faktor penting dalam kesuksesan pencapaian tersebut. Kita tidak dapat berjalan sendiri, namun perlu bersama sama membangun Kabupaten Banjar yang lebih baik,” ungkapnya.

Pada akhir upacara dilaksanakan pemberian sejumlah penghargaan kepada instansi maupun perorangan yang berprestasi salah satu di antaranya penyerahan hadiah untuk pemenang dalam Lomba Inovasi Daerah tahun 2023 setelah melalui beberapa proses penjurian dengan melibatkan juri independen dari Kemendagri, LAN, BRIDA Provinsi Kalimantan Selatan, dan Akademisi ULM.

Perlu diketahui sebagai pemenang inovasi pada kategori ASN/Perangkat daerah dinobatkan sebagai Juara Pertama inovasi GANGAN MANIS (Ganti Ngaran Mudah, Cepat dan Praktis) dari Disdukcapil Kabupaten Banjar, Juara Kedua inovasi “CAFE KONSULTASI” dari DPMPTSP dan Juara Ketiga  inovasi “Peri Gigi” dari UPT Puskesmas Karang Intan 1 masing-masing ASN akan mendapatkan TPP 30% dan uang pembinaan inovasi untuk SKPD bersangkutan.

Sementara untuk kategori Umum/Masyarakat Juara Pertama diperoleh PT. Banjar Bumi Persada dengan inovasi AGAN (Agriculture Go and Act Now) melalui Penerapan Program Farmer Field School (FFS) untuk ekonomi Inklusif dan Transformatif, Juara Dua diraih oleh Rumah Jahid Dz dengan inovasi “SAMPAH JADI BERKAH” serta Juara Tiga dari Desa Bawahan Seberang dengan inovasi  “ANYAMAN TAS PURUN BSB”, hadiah berupa logam mulia 10 gram, 5 gram dan 3 gram dengan pajak ditanggung pemenang.

Selain itu Bupati Banjar juga serahkan penghargaan atas inovasi terbanyak SKPD dan Masyarakat serta bantuan sosial bagi korban bencana puting beliung dan bantuan APE untuk PAUD yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banjar didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyie. (Bappedalitbang/Kominfo Kab.Banjar)


Komentar