Petani Milenial Gambut ikuti Bimtek Batumbang Tani MANIS

Gambut, InfoPublik - Balai Penyuluh Kecamatan Gambut menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penumbuhan dan Pengembangan Petani (Batumbang Tani Manis) Tahun 2024 dengan tema Budidaya Tanaman dengan Sistem Fertigasi yang bertempat di Kantor BPP Kecamatan Gambut, Rabu (24/4/2024).

Bimtek diikuti sebanyak 25 orang peserta yang merupakan petani muda (milenial) dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Gambut. 

Kegiatan BATUMBANG TANI MANIS merupakan suatu program Pemkab Banjar melalui Dinas Pertanian bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan kewirausahaan di sektor unggulan daerah yang merupakan salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran dan untuk mendukung Visi dan Misi Bupati Banjar yaitu MANIS (Maju, Mandiri, dan Agamis). 

Kepala UPTD BP3 Dinas Pertanian Kabupaten  Banjar Agus Dharmawan mengatakan kegiatan Batumbang Tani Manis Tahun 2024 merupakan program yang tertuang di Renstra Dinas Pertanian hingga Tahun 2026. 

"Pada Tahun 2023 kegiatan Batumbang tani manis telah dilaksanakan dengan jumlah pelatihan sebanyak 40 Kelas, dan melibatkan 1.000 peserta pelatihan di seluruh Kecamatan di Kab. Banjar," ujarnya.

Dikatakannya, sektor pertanian merupakan sektor penyumbang terbesar dalam membentuk perekonomian di Kabupaten Banjar. Selain itu sektor pertanian juga merupakan penyumbang terbesar dalam penyerapan lapangan pekerjaan. 

Sementara Sekretaris Kecamatan Gambut Ramdani yang hadir mewakili Camat Gambut mengatakan menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan tersebut, apalagi kegiatan bimtek ini sasarannya adalah para petani muda (milenial) yang diharapkan dapat menjawab permasalahan yaitu semakin sedikitnya jumlah petani yang ada. 

Ramdani juga berharap kegiatan penumbuhan dan Pengembangan petani ini dapat membangkitkan semangat para pemuda dan petani milenial untuk bergerak dan berwirausaha di sektor pertanian, dengan pengetahuan yang didapat petani muda berinovasi, berkreasi di bidang pertanian, manfaatkan setiap jengkal lahan pertanian untuk produksi pertanian agar kesejahteraan para petani meningkat.  

Sementara Koordinator Penyuluh pertanian kecamatan Gambut Astyana Rahayu mengatakan kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu dari tanggal 24 sd 25 April 2024.Dengan narasumber dari Dinas Pertanian dan BPP Kecamatan Gambut.

"Kepada peserta bimtek agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang disampaikan para narasumber dapat dipahami dan dipraktikkan di lapangan," pintanya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar