Jaga Kebersihan Sungai, Dinas PUPRP Banjar Luncurkan Kapal Si Jubah 2.0

Martapura, InfoPublik - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar mengambil langkah maju dalam upaya membersihkan sungai dari sampah dengan meresmikan Si Jukung Babarasi Sampah (Si Jubah) 2.0 dengan jenis kapal Blambangan atau Salur.

 

Peresmian tersebut diserahkan secara simbolis kunci kapal kepada Nahkoda Kapal Dimyathi oleh Kepala Dinas PUPRP, Anna Rosida Santi disaksikan Kepala Bidang Sumber Daya Air, Andri Yunan P, Kepala Seksi Sungai Dan Air Baku, Yudi Riswandi selaku seksi yang membawahi “Si Jubah 2.0” serta juga para Kepala Seksi lain dan staf bidang SDA, di desa Pakauman, Martapura Timur, Selasa (12/9/2023).

 

Kapal Si Jubah 2.0 ini diharapkan dapat membersihkan aliran sungai Martapura memiliki buritan kapal yang datar (tidak lancip) dan lambung kapal lebih lebar dengan Panjang 13 meter dan lebar 3 meter menggunakan mesin dumping 23 dan ini berbeda dengan jenis  kapal klotok biasa yang memiliki buritan lancip dan lambung lebih kecil.

 

Kadis PUPRP Anna Rosida Santi mengungkapkan pentingnya memodernisasi alat pembersihan sampah sungai untuk menghadapi tantangan musiman seperti pasca hujan dan sampah bawaan dari arah Hulu Sungai atas.

 

"Kapal Si Jubah 2.0 ini adalah langkah signifikan dalam meningkatkan kapasitas kita untuk menjaga kebersihan Sungai Martapura," kata Anna.

 

Dengan diresmikannya Kapal "Si Jubah 2.0" Ini, Anna berharap memungkinkan petugas pembersihan untuk lebih efisien dalam mengumpulkan sampah, dan meningkatkan produktivitas pembersihan pasca hujan. Perahu juga dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan untuk petugasnya.

 

“ Dinas PUPRP juga berencana untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dan pengelolaan sampah yang bijaksana. Semoga Kapal "Si Jubah 2.0" membawa harapan baru bagi Sungai Martapura dan menjadi contoh inspiratif bagi upaya pelestarian sungai di seluruh Indonesia,” harapnya.

 

Setelah peresmian dengan pembacaan doa dan pemotongan nasi tumpeng, Kapal "Si Jubah 2.0" melakukan perjalanan perdananya dari Jembatan Pekauman (Titik Start) sampai Jembatan KH. Salim Ma’aruf (Titik Finish), diikuti staf dan para petugas pembersihan sungai yang dipimpin oleh Dimyathi selaku Nahkoda Kapal. Masyarakat setempat yang hadir menyaksikan dengan harapan bahwa inovasi ini akan membantu menjaga kebersihan sungai dan mencegah banjir yang terkait dengan penumpukan sampah pasca hujan. (IP Kab. Banjar/Brigade PUPRP)


Komentar