Tiga Puskesmas di Banjar Dapatkan Penghargaan Lomba IVA Test

Martapura, InfoPublik - Tiga UPTD Puskesmas di Kabupaten Banjar mendapatkan Sertifikat Penghargaan dalam rangka Lomba deteksi dini Ca Cervik melalui IVA test yang diselenggarakan Dinas Kesehatan.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (4/9/2023). Yang diserahkan langsung Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kadis Kesehatan Yasna Khairina, Asisten II  Ikhwansyah.

Adapun tiga Puskesmas, yakni pertama Puskesmas  Kertak Hanyar beserta Pengelola IVA, kedua Puskesmas Martapura 1 bersama Pengelola IVA  dan ketiga Puskesmas Sungai Tabuk 3 bersama Pengelola IVA.

Sekda Banjar HM Hilman mengapresiasi acara tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang telah melakukan deteksi dini kanker servik ini yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Selamat kepada para pemenang  dan berpesan agar terus berprestasi juga serta memberikan kontribusi pelayanan kesehatan yang maksimal kepada Masyarakat Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Sementara Kadinkes Banjar Yasna Khairina mengatakan lomba ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi  petugas kesehatan  dan meningkatkan partisipasi masyarakat terutama  dalam pelaksanaan deteksi dini faktor ca cervik melalui IVA test.

"Ini juga untuk meningkatkan capaian Standard Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan sehingga mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima, guna peningkatan derajat kesehatan masyarakat," tutupnya.

Kegiatan lomba deteksi dini kanker cervik ( kanker mulut Rahim ) melalui pemeriksaan IVA TEST ini mulai diadakan pada tanggal 25 Juni  2023 sampai dengan 01 Agustus 2023 ,dari penilaian tersebut didapatkan 3 ( tiga )  terbaik

Sebagai pemenangnya adalah :

1.Terbaik 1

Lomba Deteksi Dini Ca Cervik kategori capaian terbanyak di peroleh Puskesmas Kertak Hanyar mendapatkan Sertifikat penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-

2.Terbaik 2

Lomba Deteksi Dini Ca Cervik kategori capaian terbanyak di peroleh Puskesmas Martapura 1 mendapatkan Sertifikat penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,-

3.Terbaik 3

Lomba Deteksi Dini Ca Cervik kategori capaian terbanyak di peroleh Puskesmas Sungai Tabuk 3 mendapatkan Sertifikat penghargaan  dan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000,-

4. Kategori karyawati dan Istri Karyawan

Juara terbanyak Lomba Deteksi Dini Ca Cervik kategori Karyawati dan Istri Karyawan di peroleh Puskesmas Sungai Tabuk 3 mendapatkan Sertifikat penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000,-.

(IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar