Pentingnya Tertib Administrasi dalam Ujian Keseteraan Berbasis Komputer

Gambut, InfoPublik - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Alhidayah laksanakan Ujian Kesetaraan (UK) berbasis Komputer online untuk Kejar Paket A dan Kejar Paket B di Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Gambut yang dilaksanakan dari 20 - 21 Mei 2023.

Staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku Tim Teknis UK Provinsi Kalimantan Rahmayadi menyampaikan bahwa tertib administrasi di setiap lembaga di antara upload foto, tanda tangan peserta sesuai daftar kehadiran karena menyangkut hasil sertifikat ujian kesetaraan dengan sekolah formal.

"Karena menyangkut nilai personal untuk peserta agar sungguh-sungguh membaca dengan teliti dan mengerjakan selesai sesuai waktu yang ditentukan," ujar Rahmayadi, Sabtu (20/5/2023).

Menanggapi terkait tertib administrasi, menurut Penilik PAUD dan Keseteraan Hj. Patnawati berharap PKBM Alhidayah bisa mengikuti dan menyesuaikan dengan ketentuan yang diharapkan.

"Peserta diharapkan bisa mengikuti dan hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," harap dia.

Pengelola PKBM Alhidayah Rusmini kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Gambut karena disini tersedianya jaringan internet sehingga lebih memungkinkan untuk melaksanakan.

“Kegiatan ujian ini diikuti 44 peserta dengan dua hari pelaksanaan secara bergantian,” ujar Rusmini.

Menurut proktor dan juga tutor PKBM Alhidayah Muhammad Fadli setiap peserta mengikuti 1 kali tes (sesi) mengerjakan soal literasi dan numerasi.

“10 Menit Latihan soal, 90 Menit soal Literasi, 90 Menit soal Numerasi dan 15 Menit jeda waktu istirahat antar mata ujian,” terang Fadli.

Semangat untuk pendidikan ke jenjang lebih tinggi tergambar dari peserta, seperti disampaikan Nida Urahmah dan M. Juhran beralamat Handil I Dalam RT 005 rencana akan melanjutkan Kejar Paket C.

Demikian juga Azizah dari Jl. Irigasi Desa Kayu Bawang Kecamatan Gambut juga berkeinginan akan melanjutkan Kejar Paket C.

Hadir dalam kegiatan ujian memantau kegiatan Kepala Kantor Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Gambut H. Baderi, Membantu kegiatan Tenaga Teknisi Reza Fahlivi, Ujian Pengawas Hairudin. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar