Pentingnya Partisipasi Publik Pemerataan Pembangunan pada FKP Renwal RPJPD 2025-2045

Martapura, InfoPublik  – Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (FKP Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.


Hadiri Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Instansi Vertikal, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah, Akademisi, Organisasi Profesi, BUMD, Tokoh Masyarakat, dan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, di William Tandiono, Kecamatan Gambut, Selasa (7/11/2023).


Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie mengungkapkan pentingnya partisipasi publik dalam perencanaan pembangunan jangka panjang daerah. Forum Konsultasi Publik ini diadakan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Banjar untuk melibatkan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan yang lebih baik.


Kehadiran kita di sini hari ini adalah untuk mendengarkan suara dan masukan dari masyarakat. Kita ingin memastikan bahwa visi dan misi pembangunan daerah yang terkandung dalam RPJPD Tahun 2025-2045 ini benar-benar mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sehingga terwujudnya Masyarakat Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri, dan Agamis,” ujar Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie.


Said Idrus menekankan perlunya sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di sektor Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan lainnya yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Banjar. Ia menegaskan bahwa partisipasi publik sangat penting dalam menyusun kebijakan dan program pembangunan yang tepat sasaran.


Tak lupa juga Wabup menyampaikan apresiasinya atas kehadiran peserta  dalam Forum Konsultasi Publik ini. Wakil Bupati mengharpkan partisipasi aktif masyarakat, RPJPD Tahun 2025-2045 yang dihasilkan nantinya akan mampu mencapai tujuan pembangunan yang inklusif, berkelanjutan, dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Banjar.


Acara selanjutnya dilanjutkan dengan Talk Show yang dipandu Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Ikhwansyah bersama dua narasumber yang memaparkan Rancangan Awal RPJPD Kalimantan Selatan Tahun 2025 – 2045 yaitu Annisa Murni  dari Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan dan Nashrulah Shadiq selaku Tim Penyusun.


Selain itu juga dilakukan penandatangan Berita Acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025 – 2045 Kabupaten Banjar oleh beberapa perwakilan terkait yang turut berhadir dalam acara. (IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalitbang)


Komentar