Peningkatan Kapasitas Anggota BPD di Desa Sungai Bangkal Terus Ditingkatkan

Martapura, InfoPublik - Kepala Bidang Pemerintahan Desa Muhammad Hafiz Anshari menghadiri sekaligus menjadi Narasumber pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD Desa Sungai Bangkal Kecamatan Sungai Tabuk, Senin (31/10/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kinerja anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Desa dan pengetahuan peserta terkait dinamika di lapangan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab agar dapat meningkatkan skill dalam pelayanan di tingkat Desa.

Hafiz Anshari menjelaskan bahwa fungsi BPD sangat penting di Desa. BPD lah yang menyerap aspirasi masyarakat. Dan kedudukan BPD adalah sebagai Mitra pemerintah Desa bukan sebagai penghalang.

"Selain itu, BPD memiliki peran strategis bagi jalannya pemerintahan desa. Sehingga, dapat meningkatkan kapasitas dan fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan pada tingkat desa,” jelas Hafiz.

Ditambahkannya, bahwa BPD adalah mitra pemerintah desa yang harus bisa bersinergi dengan Kepala Desa dan aparatur desa. Dan dapat bersinergi dibutuhkan peningkatan kapasitas sebagai lembaga masyarakat yang ada di desa.

"Dengan adanya kegiatan peningkatan BPD ini, kedepannya BPD bersama pemerintah desa bisa bersinergi untuk mewujudkan pembangunan di desa agar mencapai desa yang maju,mandiri dan berkeadilan sosial," pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade DPMD/Rizkon)


Komentar