Penguatan Ideologi Pancasila, Pasiterdim Banjar Berikan Wasbang kepada Aparat Desa

Martapura, InfoPublik - Kapten Arh Rusman Pasiterdim 1006/Banjar memberikan materi Penguatan Ideologi Pancasila berwawasan Kebangsaan kepada aparat Desa Rt dan Rw serta tokoh masyarakat Desa Gunung Batu Kecamatan Sambung Makmur Kabupaten Banjar, Rabu (24/4/2024)

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar bekerjasama Pemerintah Kecamatan Sambung Makmur dengan Narasumber Perwakilan Unsur TNI dan Polri.

Sebelumnya Kapten Arh Rusman mengingatkan bahwa kita jangan pernah lupa tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia (Jasmerah).

"Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, sebagai anak bangsa harus mengetahui sejarah dan nilai - nilai Pancasila, Tujuan Nasional yang tertuang dalam pembukaan UU 1945 dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Selanjutnya dalam Bela Negara, Dijelaskan Pasiterdim dimana Bela Negara itu sendiri adalah tekad, sikap perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

Pasiterdim Kapten Arh Rusman dalam penyampaiannya memberikan materi tentang 4 Konsensus Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Nilai-nilai Pancasila dan Bela Negaraā€¯.

Pasiterdim Banjar juga menambahkan, kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan dalam menumbuhkan rasa Penguatan ideologi Pancasila untuk menimbulkan rasa Nasionalisme kepada generasi penerus bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tambahnya "

Sebelum diberikan materi oleh pemateri,  Camat Sambung Makmur Yuwana Karta Abidin mengatakan acara ini memang diselenggarakan untuk penguatan ideologi Pancasila.

"Karena kita tahu bahwa diselenggarakannya ini atas permintaan aparat sendiri meminta kepada saya untuk dilaksanakan sekaligus silaturahmi, " ujarnya.

Kita tahu bahwa di jaman sekarang masih banyak warga maupun masyarakat belum memahami apa itu ideologi Pancasila, Sejarah.bahkan kita sebagai abdi negara pun juga masih belum sepenuhnya memahami.

Untuk itu tidak ada salahnya bila kita ikut memahami hal tersebut guna menambah wawasan agar makna dalam menjalankan tugas. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar