Tingkatkan Kapasitas, Pemdes Simpang Tiga Ikuti Pelatihan dari Kemendagri

Mataraman, InfoPublik - Aparatur Pemerintahan Desa Simpang Tiga, beserta Ketua PKK dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), aktif mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dan pengurus kelembagaan desa. 

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang berlangsung di Hotel Aston Banua, dari 9 November hingga 12 November 2023.

Kehadiran mereka dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di tingkat desa. Pelatihan ini dirancang untuk memperkuat kemampuan aparatur desa dalam mengelola kegiatan pembangunan di masyarakat.

Ketua PKK Desa Simpang Tiga, Ainun Jariah, menyampaikan, kami sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini karena kami yakin peningkatan kapasitas adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan pembangunan di desa kami. Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Selain itu, Ketua BPD Desa Simpang Tiga, Badarudin, menambahkan keberhasilan pembangunan desa tidak hanya bergantung pada pemerintah desa, tetapi juga melibatkan peran aktif lembaga desa. 

"Oleh karena itu, kami turut serta berpartisipasi dalam pelatihan ini untuk memahami lebih lanjut peran kami dalam mengoptimalkan pembangunan desa," ucapnya.

Pelatihan ini mencakup berbagai topik, yaitu kepemimpinan, kewirausahaan dan pengembangan bumdes, kebijakan penyelenggaraan pemerintahan desa dan perencanaan pembangunan desa. 

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dari desa masing-masing, memupuk kolaborasi antar-desa untuk mencapai tujuan pembangunan guna mewujudkan percepatan pembangunan kawasan pedesaan khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemerintah Desa Simpang Tiga berharap bahwa hasil dari pelatihan ini akan segera diimplementasikan dalam berbagai program dan kegiatan di tingkat desa. Dengan peningkatan kapasitas aparatur desa, diharapkan dapat tercipta desa yang lebih mandiri, berkembang, dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar