DKUMPP Banjar Gelar Penyuluhan Keamanan Pangan Fasilitasi PIRT

Martapura, InfoPublik - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar melaksanakan Penyuluhan Keamanan Pangan dalam rangka Fasilitasi PIRT, di gedung Dekranasda Banjar, Selasa (26/7/2022).

 

Kegiatan ini dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura secara virtual sekaligus pembukaan Festival Budaya Banjar tahun 2022 yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Banjar.


Acara ini dilaksaakan selama dua hari dihadiri 35 peserta dari Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Kabupaten Banjar, dan dihadiri juga oleh narasumber dari Rumah Kemasan Banjar (RKB), perwakilan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banjar dan BBPOM Banjarmasin.

Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati memberikan arahan kepada pelaku IKM/UMKM dan IRTP tentang Perundang-undangan, Perlindungan Konsumen dan Tata Cara PIRT.

 

“Diharapkan agar para peserta mengikuti penyuluhan dengan sungguh-sungguh dan apabila ada hal-hal yang tidak jelas agar disampikan kepada para narasumber,” pinta dia.

 

Ia juga menambahkan bahwa setelah para peserta mendapatkan pengetahuan dan informasi selama di penyuluhan agar mengimplementasikannya seperti segera melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada produk mereka dan mengurus izin edar / No PIRT dan selanjutnya sampai Sertifikat Halal.

 

Dari kegiatan ini, para pelaku IKM/UMKM dan IRTP di Kabupaten Banjar diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup tentang keamanan pangan, sehingga produk pangan yang dihasilkan nantinya akan aman, bermutu, serta mampu berdaya saing dengan produk pangan domestik lainnya

Juga disampaikan bahwa Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, akan memfasilitasi para pelaku IKM/UMKM dan IRTP yang ingin produknya naik kelas di mulai dengan fasilitasi pembuatan perizinan NIB, PIRT, Merk dan Halal serta desain kemasan yang siap masuk ke pasar Modern.

 

Iswidayati perwakilan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banjar sebagai narasumber untuk mensosialisasikan Ringkasan OSS RBA Industri tentang Perizinan Berusaha Berbasis Resiko melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS - RBA).

Berikutnya disampaikan materi tentang Kemasan Produk Makanan dan Minuman oleh bapak Gusti Rofiq Muttaqin narasumber dari Rumah Kemasan Banjar (RKB).

Dan materi terakhir tentang Bahan Tambahan Pangan (BTP) pada Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) serta Persyaratan Label dan Iklan Pangan yang disampaikan oleh ibu Gusti Maulita Indriyana perwakilan dari BBPOM Banjarmasin. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar