Kerja Sama BUMDesa, Syahrialludin : Untuk Kesejahteraan dan Meningkatkan Perekonomian Desa

Martapura, InfoPublik - Guna meningkatkan perekonomian desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar melaksanakan Pelatihan Kerja Sama Antar Desa dengan Pihak Ketiga, di Hotel Aston Banua, Kecamatan Kertak Hanyar, Kamis (9/6/2022).


Kepala DPMD Banjar H sayahrialludin mengatakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dibentuk sebagai lokomotif ekonomi masyarakat desa. Ini sebagai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun  2014 tentang Desa, sehingga pengelolaan BUMDesa dipercayakan kepada masyarakat desa.


Dijelaskannya, BUMDesa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa merupakan salah satu upaya untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada. BUMDesa adalah suatu lembaga ekonomi yang dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri dengan modal usaha yang bersumber dari masyarakat desa.


"Untuk meningkatkan perekonomian Desa melalui Kerja sama BUMDesa dengan Pihak ketiga di pelatihan ini dihadirkan 2 (dua) Narasumber dari Bank Kal-sel dan Pt Pos Indonesia,"ujar dia.


Syahrialludin juga mengharapkan kepada Bank Kal-Sel dan Pt Pos Indonesia, dengan adanya kerja sama ini, agar bersama-sama membangun dan meningkatkan perekonomian desa melalui pembinaan dan pendampingan terhadap BUMDesa. 


"Sehingga usaha yang dikelola BUMDes nanti benar-benar bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Desa bukan sekelompok kecil orang,ā€¯ungkap dia. (lP Kab. Banjar/Brigade DMPD/Rizkon)


Komentar