Disdik Gelar Pelatihan dan Pendampingan Pengelola Dana BOS SMP se-Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Banjar Negeri dan Swasta di Treepark Hotel, kecamatan Kertak Hanyar, Rabu (25/10/2023).

Berpedoman pada Undang Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia nomor 63 tahun 2022 tentang juknis Pengelolaan Dana BOS Satuan Pendidikan. Yang mana Program Dana BOS ini adalah program pemerintah Indonesia yang memberikan bantuan keuangan kepada sekolah -sekolah di seluruh Indonesia. Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan yang selanjutnya disebut dana BOSP adalah dana alokasi nonfisik untuk mendukung biaya operasional nonpersonalia bagi satuan pendidikan. 

Kepala Disdik Banjar Liana Penny menyampaikan perlu adanya pendampingan dan pelatihan bagi Kepala Satuan dan Bendahara sekolah dalam segi pelaporan maupun pertanggung jawaban untuk setiap kegiatan yang menggunakan dana BOS dan proses Dana Bantuan Operasional Sekolah agar dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

" Yang mana Dana Bantuan Operasional Sekolah sudah di atur atau Juknis ditetapkan oleh pemerintah pusat. berharap kemajuan demi kemajuan dalam segi sarana prasarana belajar mengajar, penunjang belajar siswa, penunjang akademik dan non akademik terpenuhi di satuan pendidikan sehingga terwujudnya cita cita luhur bangsa untuk mencerdaskan setiap warga negara," terang Liana.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bimbingan tentang penyusunan Markas dan Perencanaan Berbasis data, mensosialisasikan tentang E-Bufot untuk pembayaran pajak pada negara dan memahami lebih dalam pengelolaan laporan BOS sekolah masing masing. 

Kegiatan ini diikuti Kepala satuan pendidikan sekolah menengah pertama dan bendahara BOS Negeri dan swasta dengan jumlah peserta 160 orang. Narasumber dari BPMP Provinsi Kalimantan Selatan, BPKAD Kabupaten Banjar dan Kantor Pelayanan Pajak Martapura. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar