Pelantikan dan Seminar PKG PAUD dan Gugus PAUD Kecamatan Se Kabupaten Banjar Periode 2022-2025

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Bidang Paud, Pendidikan Non Formal dan Kesetaraan melaksanakan  Pelantikan dan Seminar PKG PAUD dan Gugus PAUD Kecamatan Se Kabupaten Banjar, Kamis (25/8/2022) di Ballroom Q Grand Dafam Syariah Qmall Banjarbaru.

 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan jasmani dan rohani agar anak usia dini.

 

Langkah pengembangan tentunya perlu didukung oleh profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan. Agar peningkatan mutu layanan anak usia dini sesuai tahap perkembangannya. salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan dalam peningkatan kompetensi pendidik adalah dengan mengaktifkan organisasi PKG (Pusat Kegiatan Gugus) PAUD yang berada di wilayah Kecamatan.

 

Sebagai Suatu organisasi yang memayungi gugus-gugus PAUD. PKG dapat dijadikan sebagai bengkel kerja dalam pengembangan kreasi dan inovasi pembelajaran. Dipusat ini guru/pendidik dapat saling membelajarkan, jika ada pembaharuan baik di bidang kurikulum, maupun kemajuan sistem informasi.

 

Kegiatan ini diawali dengan Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang disampaikan oleh narasumber dari Jawa Tengah. dengan materi Bermain sambil belajar, dan metode metode menarik pembelajaran pada anak usia dini  sehingga diharapkan dapat diimplementasikan di satuan Pendidikan masing masing.

 

Kepala Bidang PAUD, PNF dan Kesetaraan Jahriah menyampaikan, Maksud dan tujuan pelantikan pengurus PKG dan Gugus PAUD Kecamatan se Kabupaten Banjar secara serentak untuk efisiensi dan efektivitas waktu agar pengurus yang terpilih dapat disahkan dan dilantik sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta peningkatan layanan PAUD yang berkualitas.

 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Hj. Nane Andriadne dalam sambutannya mengharapkan, semoga dengan kepengurusan PKG PAUD dan Gugus PAUD yang baru terpilih dan hari ini akan dilaksanakan pelantikan secara resmi oleh Bunda PAUD Kabupaten Banjar, dapat dengan baik bekerja secara professional dan tentunya harapan melalui peran PKG dan Gugus PAUD dapat menguatkan kinerja dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang lebih baik dan berkualitas.

 

Bunda PAUD Kabupaten Banjar yang diwakili oleh ketua Pokja 2 PKK Kabupaten Banjar Erny Wahdini melantik sebanyak 374 pengurus PKG PAUD dan Gugus PAUD  Kecamatan se Kabupaten Banjar.


Ia juga menyampaikan selamat kepada pengurus PKG PAUD dan gugus PAUD periode tahun 2022 - 2025 yang baru dilantik dan selamat mengemban tugas bersama sama saling bersinergi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas selaras dengan visi misi Kabupaten Banjar.

 

Tujuan Khusus Gugus PAUD menjadi wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam hal pengembangan dan inovasi pembelajaran paud, peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan mutu layanan anak usia dini sesuai sumber belajar, sarana/ prasarana dan potensi lingkungan untuk peningkatan, pengembangan dan eksistensi anggota Gugus PAUD.  (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar