Percepatan Aktivasi IKD, Disdukcapil Banjar Sambangi Kecamatan Simpang Empat

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan Jemput bola percepatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kecamatan Simpang Empat. Senin (1/4/2024).


Untuk mencapai target aktivasi IKD, Disdukcapil di bulan ramadhan ini gencar mendatangi instansi-instansi untuk memberikan pelayanan aktivasi IKD bagi anggota TNI, Polri, pegawai ASN maupun Non ASN salah satunya datang langsung ke Kecamatan Simpang Empat.




Kepala UPT Mataraman, Rishan Deny Setiawan mengatakan, selaku koordinator layanan keliling pihaknya akan terus mendorong percepatan aktivasi IKD bagi warga kabupaten Banjar.


"penerapan IKD dilakukan secara bertahap dari instansi ke instansi untuk memberikan layanan langsung ditempat, sehingga dengan layanan keliling ini capaian target aktivasi IKD bisa lebih cepat" ujar Rishan.


Dia menjelaskan bahwa saat ini memang pegawai pemerintah lingkup Kabupaten Banjar menjadi sasaran aktivasi IKD terlebih dahulu, setelah seluruh target mencapai 100%, maka Disdukcapil akan menyasar lagi ke warga masyarakat secara umum.


Ditambahkannya apabila tranformasi identitas digital itu tercapai, maka masyarakat tidak harus memegang KTP el secara fisik, melainkan cukup dengan IKD.

 


"Dengan integrasi IKD ini, maka dalam tata kelola ke depan pada proses pelayanan publik akan lebih cepat dan efisien, data menjadi sinkron dan terpadu yang bisa diperiksa melalui smartphone pribadi dan otomatis berdampak pada kualitas layanan bagi masyarakat," jelasnya.


Sementara, Camat Simpang Empat, Jurji Zaidan menyambut baik dan mendukung program Jemput Bola Pelayanan penerapan IKD ditempatnya.


"kita Support penuh program IKD ini, karena program ini pasti bagus untuk masyarakat, apalagi aplikasi IKD ini terjamin keamanan ditambah dengan fitur pencegahan tangkapan layar, sehingga bisa mencegah atau mengurangi penyalahgunaan informasi," pungkas Jurji. 


Komentar