Pencoklitan Dimulai, Pantarlih Gambut Barat Sambangi Tuan Guru Muhammad Rasyid Ridha

Gambut, InfoPublik - Setelah pelantikan, Pantarlih Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar melaksanakan Coklit serentak di masing-masing wilayah tugasnya, termasuk petugas pada TPS 015 dan TPS 016, dimana Pimpinan Pondok Pesantren Almursyidul Amin Tuan Guru Muhammad Rasyid Ridha berada di TPS 016, Jum'at (17/2/2023) pagi.

Pada kegiatan ini, sasaran dari Coklit serentak ini adalah Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Gambut Barat.

Dewi Anisa dan Ratih Parmadini, petugas Pantarlih TPS 15 & 16 Kelurahan Gambut Barat yang berkesempatan melaksanakan Coklit pertama ke rumah Tuan Guru Muhammad Rasyid Ridha. 

Pencoklitan didampingi langsung oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Mawardi bersama anggota Faisal Rahman dan Noorsa'adatina.

Juga hadir Panwaslu Kecamatan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gambut dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) Kelurahan Gambut Barat.

Ketua PPS  mengatakan tujuan Coklit data untuk mendapatkan data yang valid. Panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) akan mendatangi satu per satu rumah warga. Mereka dibekali dengan kartu identitas, rompi, topi hingga surat tugas. 

" Untuk warga Kelurahan Gambut Barat, terkait pelaksanaan Coklit, diharapkan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya, perlihatkan dokumen data diri seperti KTP-E dan Kartu Keluarga kepada petugas Pantarlih," ujar Mawardi.

Dalam melaksanakan pencoklitan, Pantarlih sudah bekerja sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Dari mulai mencocokan daftar pemilih pada formulir Model A-Daftar Pemilih dengan KTP-E, hingga menempelkan stiker Coklit yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selanjutnya, PKD berharap meskipun tidak ada pendampingan secara langsung, Pantarlih dalam melaksanakan tugasnya harus selalu sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ada. 

Disampaikan oleh anggota PPK Kecamatan Gambut Alfian Hidayat jadwal kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih ini dari tanggal 12 Februari - 13 Maret 2023 bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian jadwal dari Pemilihan Serentak Tahun 2024. Sumber by RK. Produktion (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar