DKPP Banjar Monitoring Cadangan Pangan di Desa Tambak Danau

Martapura, InfoPublik - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar melakukan monitoring di awal tahun 2024 pada Kelompok Lumbung Pangan Tunas Harapan Bangkit Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul, Rabu (3/1/2024).

 

Kegiatan monitoring antusias anggota melaporkan kegiatan dan kondisi stok cadangan pangan masyarakat. Perwujudan kemandirian pangan melalui upaya mempertahankan / mengkondisikan ketersediaan pangan yang stabil di setiap saat dan setiap waktu dapat dilakukan melalui manajemen pengelolaan cadangan pangan yang berkesinambungan.

 

Plt.Kepala DKPP Banjar Sipliansyah mengatakan salah satu upaya pemerintah dalam menudukung tegaknya pilar ketahanan pangan yaitu melalui pemberdayaan lumbung pangan masyarakat berdasarkan UU No.18 Tahun 2018 tentang Pangan.

 

Keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan, baik dari sisi akses terhadap ekonomi maupun akses fisik,” ujar Sipliansyah didampingi Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Hamdani.

 

Menurut Sipliansyah untuk mencapai hal tersebut maka perlu ditingkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kelembagaan dan pengelolaan cadangan pangan dan pembinaan yang intensif terhadap pengembangan cadangan pangan masyarakat sehingga dapat diwujudkan kemandirian pengelolaan cadangan pangan di Kelompok Lumbung Pangan Masyarakat Tunas Harapan Bangkit. (IP Kab. Banjar/Brigade DKPP)


Komentar