Meresahkan Warga, Tawon Dibasmi DPKP Banjar Sektor Gambut

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar kembali mengevakuasi sarang tawon  di atap dapur rumah warga Jalan Cahaya Ilmu Gang Bakau RT. 10 Kelurahan/Kecamatan Gambut, Selasa (22/8/2023).


Kasi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Evaluasi mengatakan setelah menerima informasi tim Rescue DPKP Kabupaten Banjar Sektor Gambut langsung menuju ke lokasi pada saat malam hari, di lokasi ternyata didapati Tawon berjenis Vespa Affinis yang bersarang di atas atap dapur.

Dikatakan Yudhi info masuk pukul 14.25 wita. Tim Animal Rescue Damkar melakukan penghancuran pada saat malam hari. Agar tawon tidak agresif.

"Setelah malam pukul 19.00 wita Tim Animal Rescue Damkar pun berada di lokasi. Sarang tawon disemprot dengan bahan bakar minyak jenis pertalite, mengakibatkan aroma yang menyengat dan dengan Indra penciuman tawon yang kuat maka membuat tawon terusik dan keluar dari sarang," ujarnya.

Ia menambahkan, Setelah disemprot dan melakukan penghancuran sarang dengan cara dibakar, kemudian Petugas Damkar memastikan kondisi sudah aman dan tidak ada lagi, maka kita melakukan penghancuran sarang tawon. 

"Memastikan kondisi sarang benar-benar hancur supaya tawon tidak kembali lagi, kemudian petugas memastikan sampai situasi benar benar aman,"jelas dia.

Pelapor Annor sangat berterimakasih kepada DPKP Kabupaten Banjar sudah membantu untuk menghancurkan sarang tawon.

“Kita takut kalau nantinya tawon itu selain berkeliaran di sekitar, terus merambat ke tetangga lainnya dan menyengat,"ungkap dia.

Untuk NGIDAM (NGIyau DAMkar) hubungi Mako Martapura 082350447112. Pos Sektor Gambut 082350447113
(IP Kab. Banjar/Brigade/DPKP/REGUGAMBUT)


Komentar