Merebaknya Penyakit DBD, Koramil Sungai Pinang Lakukan Fogging

Martapura, InfoPublik - Melalui Karya Bakti TNI, jajaran Koramil 1006-01/Sungai Pinang gandeng petugas kesehatan UPTD Puskesmas kecamatan  Sungai Pinang untuk melaksanakan fogging di Desa Kupang Rejo di Jl. Belimbing Raya RT 03, Kabupaten Banjar, Selasa (23/1/2024).

Danramil -01/Sungai Pinang Letda Inf Dudy Suaspriyadi mengatakan Fogging bertujuan untuk mencegah merebaknya penyakit DBD, diharapkan dengan adanya fogging masyarakat akan terhindar dari penyakit demam berdarah.

"Fogging menyasar di lingkungan desa Kupang Rejo, sejumlah bangunan dan rumah Warga termasuk tempat yang menjadi sarang dan jentik nyamuk berkembang biak," ucapnya.

Selain Fogging, bahu jalan dan parit sepanjang desa Belimbing Lama secara bersama -sama dibersihkan  bergotong royong.

"Dengan tujuan agar aliran air untuk pengairan warga tidak terganggu dan jala raya tidak ditumbuhi rumput/tanaman liar. Apalagi musim hujan berkembangnya wabah Penyakit dan tumpukan sampah sangat dijaga sekali," jelasnya.

Pembakal Kupang Rejo Misran, membenarkan ada penyemprotan Fogging atas nama warga kami meminta kepada Kepala Puskesmas untuk melakukan penyemprotan dibantu anggota Koramil dan jajarannya dan aparat.

"Alhamdulillah pagi ini terlaksana penyemprotan dan pembersihan lingkungan sekitar desa. Ini harapan kami karena tidak semua desa dapat dilaksanakannya," ujarnya.

Misran juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini semoga dapat membawa manfaat bagi warga desa kami.

Kepala UPDT Puskesmas Sungai Pinang Muhammad Arianto, mengimbau agar selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing.

"Fogging bukan solusi untuk membasmi nyamuk DBD akan tetapi kesadaran warga menjaga lingkungan tetap bersih dengan mentaati anjuran petugas Kesehatan ( 3 M ) meliputi metode Menguras, Menutup dan Mendaur ulang barang yang menjadi lokasi nyamuk berkembang biak," pungkasnya. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar