Menjadi Pemuda Peduli Lingkungan, Disbudporapar Gelar Seleksi Pepelingasih

Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar menggelar seleksi Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) di Aula Kantornya, Martapura, Sabtu (11/3/2023).

Kabid Kepemudaan Noor Syawli Syahri menyampaikan kegiatan seleksi ini nantinya akan diikutsertakan dalam seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

"Pepelingasih merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI dalam bentuk pemberdayaan pemuda Indonesia agar memiliki peran dan kontribusi penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan di suatu daerah," tutur Syawli.

Setiap tahun, dijelaskan Syawli Kemenpora RI akan melaksanakan pemilihan Duta Pepelingasih secara berjenjang, di mana pada tingkat pusat nanti akan diikuti Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih dari 34 Provinsi se Indonesia.

"Duta Pepelingasih adalah duta yang nantinya berkontribusi untuk menjaga lingkungan dan mengedukasi tentang lingkungan asri dan bersih," ucap dia.

Menurut Syawli, Dengan dilaksanakannya seleksi ini diharapkan berpartisipasinya para pemuda menjadi duta Peduli Lingkungan Asri dan Bersih ini agar para pemuda dapat berkontribusi nyata membaktikan pikiran dan tenaganya untuk tercipta lingkungan hidup yang sehat dan bersih sekaligus menjadi agen meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Banjar

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta Kab. Banjar yang akan mengikuti kegiatan seleksi ini agar mampu menjadi pemuda-pemudi yang produktif, kreatif dan berdaya saing, sehingga dapat memberikan pengaruh positif baik di lingkungan tempat tinggal masingmasing maupun dalam pergaulan di masyarakat.

Adapun Daftar Pemenang Duta Pepelingasih Kabupaten Banjar

Putra

1. Taufiq Rahman . Jl. Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Desa Kelampaian Ilir Kecamatan Astambul

2. Akhmad Daud Yahya . Jl. Pangeran Abdurrahman kel. Keraton kec. Martapura.

3. Fazriannur (Jl. Sinar Baru Rt 002 Desa Mali2 Kec. Karang Intan Kab Banjar Kalimantan Selatan, Indonesia KP: 70661 )

Putri

1. Rahmalia Deasy Safitri  (Komp. Citra Permata Biru blok V no. H5 Martapura)

2. Adik lian nizma  (JL.taruna praja. Apartement Griya Mutiara,Rt.22Rw.01 )

3. Nur Annisa  ( Jl.A. Yani km 10 Gg.Barakat Ujung RT. 02 Desa Sungai Lakum Kec.Kertak Hanyar)

Pada kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Rahmat Saleh Ketua KNPI Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar