DPRKPLH Banjar Menanam Bersama Manis di Sempadan Km 17 Gambut

Martapura, InfoPublik – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Menanam Bersama Manis berlokasi di Jalan A.Yani Km 13 sampai dengan Km 17 Bundaran 17 Mei Kecamatan Gambut, Kamis (9/2/2023).

 

Berhadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas PRKPLH Mursal, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Nur Aina serta Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) Yunida Rosniar serta staf.

 

Aina mengatakan dasar pelaksana penanaman yaitu untuk meningkatkan Nilai Indeks Kualitas Lahan melalui Penanaman Pohon dan Perluasan Area Penanaman khususnya di sempadan jalan A. Yani Km 13 sampai dengan Km 17.

 

Senada dengan Kepala Bidang, Kasi KSDAPLH Yunida Rosniar menyatakan penanaman pohon dilakukan dalam rangka peningkatan tutupan lahan Dengan meningkatnya tutupan lahan akan memperbaiki kondisi iklim setempat (iklim mikro) Penanaman pohon merupakan salah satu upaya mitigasi dalam perubahan iklim.

 

Kegiatan Menanam Bersama Manis ini merupakan Program yang telah dicanangkan oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan dilaksanakan setiap Minggu sekali oleh Bidang P2KL pada seksi KSDAPLH.

 

Penanaman dilakukan sebagai bentuk penghijauan dan tutupan lahan  pada sempadan jalan tersebut terhadap daerah yang masih kurang penghijauan sehingga dapat meningkatkan indeks kualitas lahan serta dapat tercapai target tutupan lahan yang akan menjadikan Kabupaten Banjar Manis, Maju Mandiri dan Agamis dapat tercapai. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar