Melalui Tatralok Wujudkan Transportasi di Kabupaten Banjar Maju Berkelanjutan

Martapura, InfoPublik - Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar menggelar Ekspose Laporan Akhir Penyusunan Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) dan Master Plan Transportasi, di Aston Banua Hotel, kecamatan Gambut, Kamis (7/12/2023) pagi.

Kegiatan ekspose ini dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang dalam hal ini diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah.

Ikhwansyah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi serta dedikasi semua pihak yang terlibat dalam Penyusunan Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) dan Penyusunan Master Plan Transportasi Kabupaten Banjar. 

Menurutnya, sebagai sebuah kabupaten yang memegang peranan strategis sebagai penyangga Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar memiliki tantangan dan peluang yang perlu dihadapi dengan bijak. Sejalan dengan perkembangan ekonomi, sosial, dan kebutuhan masyarakat, pengembangan sistem transportasi menjadi krusial untuk memastikan aksesibilitas, konektivitas, dan pelayanan yang efektif. 

"Dokumen Tatralok dan Master Plan Transportasi Kabupaten Banjar menjadi tonggak penting dalam mengarahkan pengembangan sektor transportasi di masa mendatang. Melalui kajian mendalam, evaluasi kondisi saat ini, serta identifikasi permasalahan dan potensi, kita dapat merumuskan kebijakan dan strategi yang tepat guna menjawab kebutuhan masyarakat," kata Ikhwansyah.

Dalam konteks ini Ikhwansyah menjelaskan, Kabupaten Banjar memiliki kekayaan budaya, wisata, dan sumber daya alam yang perlu dioptimalkan melalui sistem transportasi yang terintegrasi dapat menciptakan solusi yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi pembangunan Kabupaten Banjar

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Banjar sebagai contoh keberhasilan dalam pengembangan transportasi yang berbasis pada kebutuhan dan keberlanjutan," terangnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, instansi terkait, dan pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam mewujudkan visi dan misi pengembangan transportasi Kabupaten Banjar. Dengan kolaborasi yang baik, kita yakin dapat mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjaga keberlanjutan lingkungan. 

Sementara Kepala Dishub Banjar I Gusti Nyoman Yudiana menaruh harapan besar dari hasil Penyusunan Dokumen Tataran Transportasi Lokal dan Master Plan Transportasi ini akan mewujudkan Transportasi berkelanjutan yang maju serta berkeselamatan di Kabupaten Banjar.

Pada kegiatan ini juga dihadiri seluruh pemangku kepentingan yang terkait dalam bidang transportasi baik di Kabupaten Banjar dan Provinsi Kalimantan Selatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dishub)


Komentar