Korwil BPP Gambut Hadapi Dampak El Nino

Martapura, InfoPublik - Kecamatan Gambut laksanakan Apel Pagi Senin di Halaman Kantor Kecamatan Gambut. Senin, (25/9/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Gambut Hj. Wahidah.

 

Hj. Wahidah menyampaikan bahwa, Kita sering terkena dampak El nino ditandai suhu yang lebih tinggi dari biasanya dan ini sangat berpengaruh terhadap pertanian kita. Dua tahun terakhir ini produk pertanian kita sangat menurun.


“Untuk itu tahun ini BPP Kecamatan Gambut menjalankan dan mempunyai beberapa program pertanian, di antaranya Peningkatan klasifikasi BPP yang diadakan oleh Dinas Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di empat Kabupaten dan salah satunya Kabupaten Banjar dan untuk Kabupaten Banjar ditunjuk adalah Balai Pertanian Kecamatan Gambut,” jelasnnya.

 

Dengan klasifikasi BPP ini Hj. Wahidah berharap BPP Kecamatan Gambut lebih meningkat dan lebih baik mutunya. Yang kedua melaksanakan Program dari Kementerian Pertanian RI yaitu, Program Yess, yang ditujukan kepada petani milenial dengan tujuan regenerasi pertanian dengan pembekalan dengan wawasan petani agrobisnis. Mereka dibekali bagaimana menghasilkan produksi bermutu, tata cara pengolahan dan pemasarannya.

 

“Mereka juga diharapkan bisa melaksanakan kemitraan dengan perusahaan dan petani lain di seluruh Indonesia,” ucapnya.

 

Selanjutnya untuk mendukung program Yess, di Kecamatan Gambut oleh Pemerintah Kabupaten Banjar ada Program Banjar Tumbuh Kembangkan Petani yang Maju, Mandiri dan Agamis (Batumbang Tani Manis).

 

Kalau di Program Yess berusia maksimal 39 tahun sedang di Program Batumbang Tani Manis maksimal 45 tahun. Selain 3 program diatas, juga dilaksanakan program-program pelatihan.

 

Menanggapi yang disampaikan Hj. Wahidah, PPL Desa Malintang Darmiani dan PPL Desa Malintang Baru Sari Atfiani Noor dan petugas lainnya siap mendukung dan melaksanakan tugas dengan melakukan pendampingan terhadap peteni kita.

 

Kegiatan Apel Pagi Senin diikuti Plt. Camat Gambut Syahrani, Lurah Gambut, Lurah Gambut Barat, Korwil dan UPT se Kecamatan Gambut serta karyawan/ karyawati, Damkar, pendamping Desa, siswa magang. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar