Komitmen Pemerintah Dalam Peningkatan Gizi Balita di Desa Baru

Mataraman, InfoPublik - Komitmen Pemerintah dalam peningkatan gizi balita di Desa Baru diwujudkan dengan pemberian makanan tambahan anak bawah lima tahun atau disingkat PMT balita berbahan dasar protein hewani. Terhitung sejak tanggal 17 Januari 2024, hingga 60 hari kedepan, terdapat 16 balita yang menjadi sasaran pemberian PMT.

Kegiatan ini dihadiri oleh dua orang petugas dari Puskesmas Mataraman, Bidan, Perawat Desa Baru, Pambakal, Kader Posyandu, Ibu dan Balita sasaran, serta perangkat desa.

Menu yang disiapkan oleh kader posyandu Desa Baru ini merupakan menu yang diolah berdasarkan referensi ahli gizi Puskesmas Mataraman. Annida Syahlina dalam pengarahannya mengatakan," Menu yang kami siapkan merupakan contoh, jadi Ibu bisa mencoba untuk menyiapkan dan membuatnya sendiri dirumah, komitmen pemerintah dalam meningkatkan status gizi anak Ibu, tidak akan memberikan dampak signifikan tanpa peran dari orang tua, khususnya Ibu. Memberikan makanan yang bergizi seimbang menjadi tugas yang sangat penting bagi orang tua dirumah. Tidak harus mahal, yang terpenting kandungan dalam makanan tersebut".

Penyerahan PMT ini juga diikuti dengan pengarahan bagi Ibu Balita, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pembahasan terkait mekanisme penyerahan PMT, serta pengarahan bagi kader untuk selalu mencatat laporan status gizi selama kegiatan berlangsung. Menu PMT berbahan pangan lokal merupakan menu yang bahan dasarnya banyak ditemukan, hal ini bertujuan untuk memudahkan ibu dalam membuatnya sehingga dapat meningkatkan status gizi balita.


Komentar