Kolaborasi Relawan, TNI dan Polri amankan Kegiatan MTQN XLVI Gambut

Gambut, InfoPublik - Kerukunan Relawan Gambut Peranan pada saat pawai taaruf, pembukaan pelaksanaan dan penutupan selalu tampil dalam kegiatan MTQ/ STQ Nasional XLVI Tingkat Kabupaten Banjar di Gambut. Dengan venue utama di lapangan basaing Universitas Nahdatul Ulama Km. 12 Kelurahan Gambut Barat. 4 - 7 Agustus 2023.

Tim Kerukunan Relawan Gambut Terutama mengatur lalu lintas, mengamankan jalur pawai dan areal parkir, pembukaan dan penutupan. Kerukunan Relawan Gambut merupakan gabungan 35 Unit Satuan dibantu Aparat Polri dan TNI dengan jumlah lebih 500 orang.

Sedangkan waktu pawai ta'aruf relawan dibagi empat titik dengan masing-masing koordinatornya. KM 7 - 8 depan Manarap 3 Orang Relawan memantau Arus Lalu Lintas, menginfokan jika ada Iring Iringan Ambulance Jenazah atau Rombongan Patwal Pejabat dari Arah dalam Kota menuju Luar Kota.

Lima Orang Simpang 4 Mesjid Handil Asang (Mengarahkan Jalur Alternatif menuju Manarap). Pengamanan Pawai Taaruf dengan Koordinator Relawan H Hazmi dari DPKP Pos Sektor Gambut, Fahmi Galung, Yudha bertugas Sepanjang Jalan A Yani dari Start sampai Finish depan Gerbang Universitas NU dan Sepanjang Jalan Handil Asang Permai.

Areal Parkir Steril Kawasan Universitas NU dan Areal Panggung Utama dengan  Koordinator Relawan Herman Irgas, Putra DPKP Kabupaten Banjar dan Syahrani Tagana bertugas sekitar Pintu Masuk Utama Sampai Gerbang Masuk dan Area Panggung Utama.

Terlibat armada unit DPKP, Ambulance dan unit penerangan dari BPBD, 1 unit WC Portable, 2 Unit Tangki supply Air, 3 unit Tandon 2.300 liter.

Unit Ambulance yg disiapkan membantu tenaga Medis Puskesmas Gambut : 10 Unit Ambulance.

Selama Kegiatan dari Pawai ta'arup, pembukaan, pelaksanaan dan penutupan mereka koordinasi dan berkomunikasi banyak menggunakan jalur radio yang tersedia, ujar salah satu koordinator acara Yudha Setiawan.

Dari polres banjar mengeluarkan Surat Perintah Tugas pengamanan MTQ/ STQ Nasional XLVI Tingkat Kabupaten Banjar di Gambut.

Surat Perintah ditandatangani Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Banjar AKBP M. Ifan Hariyat T.

Dan pengaman terbagi 4 Surat Perintah Tugas Pengamanan, yaitu ; Personel polres Banjar terlibat dalam pengamanan pembukaan sebanyak 25 personel, pengamanan Penutupan 36 personel, pengamanan venue MTQ 85 personel dan pengamanan pawai Ta'aruf wilayah Kecamatan Gambut 42 personel.

Dan dari TNI menghadirkan  18 personel pengamanan. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar